30 Anggota DPRD Belu Periode 2019-2024 Diambil Sumpah

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 30 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Belu masa jabatan 1019-2024 diambil sumpah/janji di ruang sidang Dewan Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL, Senin(9/9/2019).

Pengucapan sumpah/janji 30 Anggota DPRD Belu langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Kelas 1B Atambua, A. A Gede Susila Putra didampingi Rohaniwan Katolik dan Pendeta Kristen Protestan dilanjutkan dengan penyematan PIN DPR ke dua perwakilan Anggota Dewan.

Ketua DPRD Belu Periode 2014-2019, Januaria Awalde Berek dalam pernyataan pembuka Rapat Paripurna tersebut hari ini merupakan momentum bersejarah dan peristiwa bermartabat karena digelar Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/janji Anggota DPRD Belu masa jabatan tahun 2019-2024.

“Sekaligus hari ini, berakhirnya masa pengabdian formal anggota DPRD Belu masa jabatan 2014-2019,” kata dia.

Akui Berek, dalam kurung waktu lima tahun DPRD Belu telah menghasilkan sejumlah produk hukum melalui mekanisme sidang melalui rapat-rapat. Diharapkan agar kepemimpinan yang baru dapat meningkatkan kinerja terutama produktivitas penetapan Perda.

Dalam semangat kemitraan, lanjut Politisi Gerindra itu atas nama DPRD Belu masa jabatan 2014-2019 menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Belu dan jajarannya, Forkopimda, TNI dan Polri, Fraksi-Fraksi yang telah bekerjasama dalam masa persidangan selama lima tahun serta seluruh lapisan warga Belu.

“Biarlah kekurangan dan kelemahan ini kami bawa bersama dengan berakhirnya pengabdian kami, sedangkan hal-hal baik yang dicapai selama ini kami titipkan kepada Anggota DPRD Belu 2019-2024 untuk dilanjutkan,” kata Berek.

Selanjutnya, penyerahan palu pimpinan dari Ketua DPRD Belu masa jabatan 2014-2019, Januaria Awalde Berek didampingi Wakil Ketua I Benedictus Halle kepada Ketua Sementara DPRD Belu masa jabatan 2019-2024 Jeremias Manek Seran Junior didampingi Wakil Ketua I Yohanes Jefry Nahak, juga memori kinerja ke Bupati Belu Willybrodus Lay.

30 Anggota DPRD Belu Periode 2019-2024 Diambil Sumpah

Ketua DPRD Belu, Januaria Ewalde Berek dalam kata pembukaannya mengungkapkan, setiap waktu ada yang harus memulai dan ada juga yang harus mengakhir tugas sama halnya dengan DPRD Belu, ada yang memulai ada juga yang mengakhiri.

Disebutkan, selama menjalankan tugas di DPRD Belu periode 2019-2024, ada 57 dokumen keputusan lembaga, keputusan pimpin sebanyak 19 dokumen dan banmus 23 dokumen. dia berharap, DPRD Belu periode 2019-2024, bisa meningkatkan kinerja, terutama meningkatkan pembentukan perda inisiatif. “Terima kasih atas kepada semua fraksi dan AKD, Bupati dan semua pihak yang telah bekerjasama.

Sementara itu, Ketua Sementara DPRD Belu, Jeremias Manek Seran Junior mengatakan, pengucapan sumpah/janji yang dilaksanakan hari ini, bukan merupakan keberhasilan, namun merupakan awal dari perjuangan baru bagi Anggota DPRD Kabupaten Belu, Masa Jabatan Tahun 2019-2024, sebagaimana ada tertulis dalam Alkitab, “Banyak yang terpanggil, namun hanya sedikit yang terpilih”.

“Kiranya kutipan ayat Alkitab ini, dapat menjadi bahan permenungan bagi kita yang terpilih, sebagai Anggota DPRD Kabupaten Belu, bahwa masyarakat telah memberikan kepercayaan dan tanggung jawab yang besar kepada kita, untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Belu menuju kehidupan yang lebih baik,” ucap dia.

Politi Partai Demokrat itu berharap dukungan dari berbagai pihak kepada Anggota DPRD Kabupaten Belu, masa jabatan tahun 2019-2024, baik Pemerintah, masyarakat, terutama dari rekan-rekan Anggota DPRD Kabupaten Belu Masa Jabatan Tahun 2014-2019.

“Pengalaman mereka sangat kami butuhkan, demi Peningkatan Kinerja Lembaga DPRD ini ke depan,” pinta Junior.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa DPRD Kabupaten Belu merupakan Lembaga Perwakilan Rakyat, yang berkedudukan sebagai salah satu unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah, yang mempunyai 3 fungsi yaitu fungsi Legislasi, fungsi Anggaran dan fungsi Pengawasan.

“Dalam melaksanakan fungsi-fungsi tersebut, saya mengajak semua elemen masyarakat di daerah ini, untuk bergandengan tangan bekerja sama membangun kemitraan yang harmonis, agar dapat mewujudkan masyarakat Belu yang lebih maju dan sejahtera, yang ditandai dengan perubahan dalam seluruh sendi kehidupan,” kata dia.

Hadir pada acara tersebut, Bupati Sekda Belu, Petrus Bere Kajari Belu, Alfons Loemau, Kabag Ren Polres Belu, Pasiter Kodim 1605/Belu, Perwira Satgas Yonif Raider 142/KJ, Pejabat Karantina, Pimpinan OPD Belu serta keluarga dari Anggota DPRD Belu.

Ini 30 Anggota DPRD Belu Terpilih Periode 2019-2024 yang dilantik

1.Martina Kolo Hale, (PKB)
2. Marthen Marthins Naibuti, (Gerindra)
3. Theodorus Manehitu Djuang ( PDIP)
4. Yohanes Jefri Nahak (Golkar)
5. Benedictus Manek (Nasdem)
6. Yakobus Nahak Manek (PAN)
7. Antonius Kurniawan Kadarisman Jumadi Manek (Demokrat)
8. Eduard Mauboy (PKPI)
9. Benedictus J. Halle (Golkar)
10. Yohanes Juang (PDIP)
11. Regina Mau Loe (PKPI)
12. Cyprianus Temu (Nasdem)
13. Dewi Arimbi Ballo (Hanura)
14. Elvis Domingos Pedroso (PKB)
15. Manuel Do Carmo Da Silva (PPP)
16. Frans Xaver Saka (Demokrat)
17. Edmundus Nuak (Nasdem)
18. Manek Rofinus (Golkar)
19. Dra. Aquilina Ili (PDIP)
20. Agustinho Pinto (Gerindra)
21. Yosef Alexander Haleserens (PKB)
22. Melkiyaris Lelo (PKS)
23. Yulianus Tai Bere (PAN)
24. Jeremias Manek Seran JR (Demokrat)
25. Nini Wendelina Atok (PAN)
26. Irmina Dwi Puspita Sari Bere (PDIP)
27. Januaria Awalde Berek (Gerindra)
28. Theodorus Frederikus Seran Tefa (Golkar)
29. Mauk Marthinus (Demokrat)
30. Aprianus Hale ( Nasdem)