Bupati Belu Launching SP2D Online Berbasis CMS dan Taman Simpang Lima Atambua

Bagikan Artikel ini

Atambua, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Belu di bawah nahkoda Bupati Belu dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM dan dan Wakil Bupati Belu – Drs. Aloysius Heleserens, MM terus melakukan perubahan untuk mewujudkan Kabupaten Belu yang sehat, berkarakter dan kompetitif.

Untuk mewujudkan hal itu, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Belu melalui Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Belu bersama Bank NTT Cabang Atambua melakukan inovasi menggunakan aplikasi singkron sebagai media digitalisasi dokumen pencairan dan aplikasi SP2D online berbasis CMS Bank NTT yang terintegrasi antara sistem keuangan pemerintah daerah, sistem perbankan dan pajak secara detail.

Bupati Belu dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM pada kesempatan itu mengatakan, Kabupaten Belu merupakan kabupaten pertama di NTT yang menerapkan digitalisasi dalam proses pencairan keuangan berbasis online.

Lanjutnya, digitalisasi dalam pengelolaan keuangan saat ini, merupakan keharusan mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Belu dalam hal ini Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah sebagai unit pengelola keuangan daerah berusaha untuk menciptakan tata kelola dan inovasi di bidang keuangan yang transparan, akuntabel dan efisien.

“Hanya menggunakan digitalisasi, maka semua proses ini dapat kita lakukan dalam jangka waktu yang relatif singkat,” ungkapnya, Kamis (18/8).

Bupati Belu juga mengatakan, proses pencairan SP2D berbasis online membutuhkan Sumber Daya Manusia yang handal dan waktu yang luar biasa. Oleh karena itu, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi secara aktif sehingga seluruh proses SP2D berjalan lancar.

“Terima kasih kepada BPKP pusat dan provinsi serta seluruh tenaga teknis, pimpinan OPD dalam hal ini Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Belu atas usaha dan jerih payah dalam bekerja, sehingga dapat menghasilkan apa yang kita saksikan malam ini.

Oleh karena itu, kami harapkan inovasi-inovasi dalam pelayanan seperti ini dapat meningkatkan pekerjaan-pekerjaan kita dan dapat memajukan Kabupaten Belu.

Bersamaan dengan launching SP2D, pada kesempatan itu juga dlakukan peresmian Taman Simpang Lima Atambua yang ditandai dengan penekanan tombol sirene secara bersama-sama oleh Bupati Belu, Wakil Bupati Belu, Ketua TP PKK Kabupaten Belu dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Belu.

Kegiatan yang berlangsung di halaman Simpang Lima Atambua tersebut, dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Belu Jeremias Manek Seran Junior, Wakil Bupati Belu – Drs. Aloysius Haleserens, MM, Sekretaris Daerah Kabupaten Belu Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si, Tim Teknis dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI dan BPKP perwakilan NTT, perwakilan Bank Indonesia NTT, Pimpinan Bank NTT Cabang Atambua, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Belu, Forkopimda Kabupaten Belu dan Pimpinan Instansi Vertikal. (Layanan Info Publik014)