Di Tengah Ibadah Puasa, Siswa Satdik-2 Makassar Uji Kemampuan Fisik Lewat Latihan Hanmars

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Makassar, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 250 siswa gabungan Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata), TNI AL Angkatan Ke-42 TA 2022 Satuan Pendidikan-2 Makassar, jajaran Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal), menguji kemampuan fisik dengan melaksanakan latihan Ketahanan Mars atau Hanmars.

Hebatnya latihan yang mengambil rute sejauh 10 Km tersebut, dilaksanakan saat seluruh siswa tengah menjalani ibadah puasa bulan suci Ramadhan, Senin (25/04/2022) lalu.

Komandan Satdik-2 Makassar , Kolonel Laut (P) Tedy Barata, mengikuti langsung kegiatan yang melibatkan 100 siswa Dikmaba dan 150 siswa Dikmata.

Adapun rute yang ditempuh peserta berawal dari Mako Satdik- 2, menuju Satlinlamil dan Fasharkan, kemudian Pertamina / Damkar, lalu melewati sejumlah ruas jalan yakni Jl. Kalimantan, Jl. Tentara Pelajar, Jl. Sulawesi ,Jl. Tugu Mandiri/pertigaan , Benteng Rotterdam, Jl. Somba Opu dan berakhir di Anjungan Pantai Losari.

Peserta menempuh rute yang sama untuk perjalanan kembali ke Mako Satdik-2 dengan total jarak yang ditempuh sejauh 10 Km.

Sementara itu menurut Dansatdik-2 Makassar, latihan Hanmars merupakan salah satu bentuk latihan olah keprajuritan.

Bentuk latihan olah keprajuritan itu, dengan cara berjalan kaki untuk menempuh jarak tertentu dan melewati berbagai macam kontur medan di rute yang telah ditetapkan.

Latihan Hanmars ini bertujuan untuk menempa dan memelihara kondisi fisik prajurit.

Kolonel Tedy Barata menambahkan, latihan Hanmars para siswa merupakan implementasi dari program priorotas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.

“Latihan Hanmars siswa Dikmaba dan Dikmata TNI AL Angkatan ke-42 TA 2022 ini, merupakan implementasi dari Program Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yakni terkait upaya pembinaan Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul, kuat dan profesional”, kata Kolonel Tedy Barata.

Foto : Siswa Satsik – 2 Makassar mengikuti Latihan Hanmars, Senin (25/04/2022) lalu.
(Sumber data dan foto, Dinas Penerangan Kodiklatal. 29 April 2022).