Kemensos RI Mulai Survey Lokasi Bantuan RLH Untuk Warga Perbatasan RI – RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Survei lokasi bantuan rumah layak huni dari Kementerian Sosial RI Kepada Masyarakat kurang mampu yang berada di jalur jalan perbatasan Kabupaten TTU mulai dilaksanakan.

Sabtu (04 /12/2021 pukul 09.00 hingga 11.40 WITA, pihak Kementerian Sosial RI telah melakukan survey lokasi di dusun Banulu, Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) untuk mendapatkan bantuan rumah layak huni (permanen) dari Kementerian Sosial RI bagi masyarakat kurang mampu di wilayah perbatasan RI-RDTL.

Adapun beberapa kriteria dan persyaratan masyarakat yang wajib mendapatkan bantuan rumah layak huni (permanen), yakni

Pertama, Rumah yang berada di tepi jalan raya umum jalur perbatasan yang masih menggunakan dinding pelepah/atap daun.

Kedua, Peruntukan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Ketiga, Lahan Tanah tersebut mempunyai sertifikat.

Keempat, Jika Tanah tersebut belum memiliki Sertifikat, harus membuat surat Hak kepemilikan dari Desa.

Kelima, Para penerima bantuan harus sudah di Vaksin.

Keenam, Mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Ketujuh, Surat pernyataan rumah lama harus di bongkar dan akan membangun yang baru sesuai bantuan bangunan yang ada.

Diketahui, bantuan rumah layak huni (permanen) bagi masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan RI – RDTL sebanyak 20 unit ditambah 1 unit Gedung Serbaguna.

Dan dari hasil survei 20 masyarakat yang memenuhi kriteria bantuan diantaranya, Mateus Koa, Yuliana Fallo, Elisabeth Keno, Daniel Keno, Kristian Sone Koa, Claudia Keno, Angel D. Kolo, Edimundus Teme, Stefanus Teme, Rosiana Babis, Maximus Banafanu, Alexandre kolo, Petronela Falo, Stefanus Kolo, Ignasius Kolo, Yohana Kefi, Theresia Keu Elu, Filianus Kolo, Moses Kolo dan Meliana Teme.

Bangunan yang akan di bangun dengan ukuran 6X6/20 unit dan satu bangunan gedung serbaguna dengan ukuran 12X6 dimana untuk logistik bangunan rencananya akan di drop dalam bulan ini dari Surabaya.

“Tujuan dari bantuan rumah layak huni yang diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Sosial di wilayah perbatasan ini bertujuan menjadikan daerah perbatasan sebagai garda terdepan NKRI dan sebagai teras depan Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga”, kata Staf Ahli Kemensos RI, M. Zaki Qudriyansa.

Hadir dalam kegiatan survei lokasi bantuan rumah layak huni, Staf Ahli Kemensos RI, M. Zaki Qudriyansa dan B. Hausamapta Hargin, Kontraktor CV Surabaya Satu yakni M. P. Gagas Samodra, S. T dan Danny Triputra Stiamanah. Kabid Linjamsos TTU, Goris Moni. Camat Insana Utara, Yohanis Z. Fallo, S. TP. Kapolsek Insana Utara, Ipda Dominggus N. S. L. Duran, S. H. Bhabinkamtibmas Desa Humusu Wini, Babinsa Desa Humusu Wini, Kepala Desa Humusu Wini, Ketua RT/RW dan masyarakat penerima bantuan.