Tingkatkan Daya Saing UMKM Perempuan, Telkomsel Gandeng Perempuan Indonesia Maju

Bagikan Artikel ini

Laporan Frans Watu
Jakarta, NTTOnlinenow.com – Sektor perekonomian dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah {UMKM} merupakan kelompok yang paling terdampak saat pendemic Covid-19 saat ini. Berdasarkan survey yang dilakukan LIPI, 94,69% dari total UMKM mengalami penurunan penjualan yang sangat signifikan. Data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi pada PDB sebesar 60,51% atau senilai 9.5 triliun rupiah. UMKM mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja dan menghimpun sampai 60,42 persen dari total investasi.

Untuk meningkatkan kemampuan UMKM menguasai teknologi digital inilah, Telkomsel dan Perempuan Indonesia Maju {PIM} melakukan kerjasama dengan menyediakan Aplikasi 99% Usahaku kepada UMKM yang digawangi para perempuan yang bergabung dengan PIM.

“ Aplikasi 99% Usahaku merupakan bagian platform Telkomsel yang bertujuan meningkatkan daya saing UMKM melalui digitalisasi. Telkomsel juga telah menyediakan solusi teknoloogi dan berbagai produk inovatif digital kepada sekitar 26.000 akun UMKM,” kata Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir di Jakarta, usai penandatanganan MOU dengan PIM Selasa (30/11) di Jakarta.

“Ini merupakan langkah lanjut Misi Perempuan Indonesia Maju dalam rangka meningkatkan digital literasi dalam bidang wirausaha bagi perempuan Indonesia khususnya anggota PIM yang sebagian besar merupakan pelaku UMKM Perempuan”tegas Lana T.Koentjoro Ketua Umum PIM.

Sementara itu Lisa Zen Purba, Wakil Ketua Umum PIM Bidang Ekonomi menambahkan,
“Penguatan eksosistem ekonomi digital dalam aktivitas bisnis yang ditunjang dukungan ragam layanan solusi bisnis berbasis digital, akan terus berkembang jika juga didukung cepatnya adopsia para pelaku UMKM khususnya Perempuan untuk memiliki pemahaman dan kesadaran pentingnya kehadiran teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis para pelaku UMKM Perempuan yang mendominasi 60% wirausaha micro kecil menengah di Indonesia”.

99% Usahaku merupakan sebuah platform layanan berbasis aplikasi untuk para pelaku bisnis UMKM, yang menyediakan berbagai konten pembelajaran (digital learning, artikel informasi bisnis, cerita sukses para pelaku UMKM), fitur forum komunikasi antar pelaku UMKM, ragam solusi layanan UMKM dari Telkomsel Enterprise, serta akses cakupan pasar yang lebih luas guna meningkatkan kapasitas penjualan.

Secara detail dijelaskan Sihol Pardamean, GM SME Tele & Digital Chanel Management Telkomsel Enterprise, Aplikasi 99% Usahaku terbagi dalam 5 Pillars: Pasarku, Pemasoku, Permodalku, Solusiku, Inspirasiku.

UMKM sebagai penggerak ekonomi bangsa, perlu menguasai dan memanfaatkan teknologi digital agar dapat bersaing di era new normal dan teknologi canggih untuk meningkatkan daya saingnya. Sehingga bisa menguasai pasar online yang terbuka luas di berbagai wilayah Indonesia bahkan luar negeri.
Hal inilah yang ditangkap oleh Telkomsel dan PIM untuk membantu UMKM melalui aplikasi 99% Usahaku.