Diusia Sepuluh Tahun, OJK Terus Berkontribusi Membangun Negeri

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Memperingati hari ulang tahun ke sepuluh, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar upacara bersama seluruh kantor OJK, baik pusat, regional maupun kantor daerah secara online melalui aplikasi zoom. Upacara yang digelar pada Senin, 22 Nopember 2021 pagi tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso.

Dalam amanahnya Wimboh mengatakan, selama satu dasawarsa (sepuluh tahun) OJK terus berusaha untuk hadir ditengah-tengah masyarakat, dan bersama-sama pemangku kepentingan khususnya pelaku industri jasa keuangan, telah bahu-membahu mengisi pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Menurutnya, langkah dan dukungan nyata dari OJK telah memberikan pengharapan dan ekspektasi yang besar bagi para stakeholder kepada OJK dalam memainkan peran besarnya untuk menjaga stabilitas sistem keuangan, mendorong pertumbuhan perekonomian nasional, serta mengelola anggaran secara transparan dan akuntabel.

“Patut kita syukuri karena di tengah keterbatasan di masa pandemi saat ini, seluruh insan OJK masih terus berkonsisten dalam memberikan kontribusi nyata yang terbaik bagi lembaga, bangsa dan negara. Hal ini telah sejalan dengan tema hari ulang tahun ke 10 OJK yakni Mengabdi Untuk Negeri. Semua capaian yang diraih tidak lepas dari peran nyata seluruh insan OJK,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, capaian dan prestasi yang didapat OJK tidak membuat lengah tapi justru mendorong seluruh insan OJK untuk lebih bekerja maksimal.

“Kita harus tetap menjaga stabilitas dari berbagai dinamika dan tantangan ekonomi global. Kita juga harus terus mengoptimalkan peran sektor jasa keuangan dalam menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional, termasuk dalam mendorong pembangunan UMKM melalui digitalisasi serta mendayagunakan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,” tegasnya.

Sementara Kepala OJK Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Robert Sianipar mengatakan, OJK NTT sampai saat ini sudah dan terus menjaga sektor jasa keuangan agar tetap tumbuh secara positif dan sehat. Hal itu terlihat bahwa lembaga jasa keuangan di NTT pertumbuhannya semakin baik, kreditnya bertumbuh dan menghasilkan laba.

Bahkan menurutnya jasa keuangan di NTT saat ini tidak hanya tumbuh sehat dan berkembang, namun terus memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan daerah.

“Kami punya forum bernama tim percepatan akses keuangan daerah. Forum itu pada prinsipnya untuk membuka akses keuangan seluas-luasnya bagi seluruh lapisan masyarakat. Kita sudah bikin skim-skim kredit yang bisa membantu masyarakat. Kita gandeng UMKM untuk digitalisasi di bidang promosi hasil produksi,” terangnya.

Dirinya menjelaskan, peran jasa keuangan adalah untuk mengembalikan pemulihan perekonomian. Untuk itu, OJK akan terus mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi. OJK bersama stakeholder telah sepakat menyusun program bersama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di NTT.

“Kami juga terus mengambil bagian dalam memulihkan NTT dari pandemi covid. Sebab tanpa masyarakat yang sehat, pertumbuhan ekonomi tidak mungkin berjalan. Salah satu bentuk nyata dukungan kami adalah dengan telah menyelenggarakan vaksinasi massal bagi masyarakat,” tutupnya. (Yantho Sulabessy Gromang)