PKB Belu Usul PAW Almarhum Oscar Haleserens

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Belu tengah persiapkan calon pengganti antar waktu Anggota DPRD Belu.

Persiapan PAW tersebut pasca meninggalnya salah satu anggota Fraksinya yakni Oscar Haleserens bulan lalu.

Demikian Ketua DPC PKB Belu, Antonius Ugahari Luan, ketika dihubungi Selasa (26/10/2021).

Menurut dia, proses PAW Anggota DPRD Belu dari Fraksi PKB bakal dilakukan setelah 40 hari meninggalnya Oscar Haleserens selaku anggota DPRD Belu.

“Yang pasti kita akan proses PAW anggota fraksi setelah meninggalnya kader kami Oscar Haleserens. Proses akan dilakukan setelah malam 40 hari meninggalnya bapak Oscar,” ujar.

Tony sapaan akrab Ketua Partai PKB itu jelaskan bahwa, usulan pengisian kekosongan kursi dari F-PKB tentu bertahap sesuai alurnya. Proses yang akan dijalankan yakni membuat surat permohonan autensifikasi daftar prolehan suara hasil pemilu 2019 di dapil 3 Kabupaten Belu dari KPU Belu.

Jelas dia bawah, sesuai PKPU Nomor 6 tahun 2019 mengenai Pergantian Antar Waktu DPR, DPR Provinsi dan Kabupaten telah diatur. PAW anggota DPRD harus dari dapil bersangkutan dengan perolehan suara urutan berikutnya.

Lanjut Tony, merujuk pada PKPU No 6 2019 tentang perubahan atas PKPU no 6 tahun 2017, tentang Penggantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD berarti harus dari dapil bersangkutan dan nomor urut perolehan suara berikutnya.

Lanjut Ketua DPC PKB Belu ini, selain pihaknya bersurat meminta autensifikasi, pihaknya juga harus mengusulkan ke DPP PKB untuk di SK-kan nama calon anggota PAW DPRD Belu dari Fraksi PKB.

Saat disinggung terkait siapa yang akan menggantikan almarhum Oscar Haleserens, Tony Luan menjelaskan sesuai data partai caleg dengan perolehan suara nomor urut dua atas nama Yonas Engelbert Talok.

“Mudah-mudahan data partai sama dengan hasil autentikasi KPU Belu,” ungkap dia.

Diketahui sebelumya politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Oscar Haleserens anggota Fraksi PKB DPRD Belu dikabarkan meninggal dunia.

Oscar Anggota DPRD Belu asal Dapil III yang akrab disapa menghembuskan napas terakhir di RS WZ Yohanes Kupang sekira pukul 14:30 Wita, tepatnya Rabu (15/9/2021).

Diketahui, kabarnya Anggota DPRD Belu mengalami sakit serius pada bagian kepala. Akibat sakit yang diderita tak kunjung sembuh sehingga Oscar dilarikan ke RSUD Gabriel Manek Atambua, Senin (13/9) untuk dirawat.

Kondisi mantan Ketua Fraksi PKB itu saat jalani pengobatan kunjung membaik. Sehingga keesokan harinya Selasa (14/9) langsung di rujuk ke Kupang RS WZ Yohanes Kupang.

Lanjut dia, usai menjalani perawatan di RS WZ Yohanes Kupang, Tuhan berkehendak lain Oscar menghembuskan nafas terakhir pada Rabu sekira pukul 14:30 Wita.