Unhan RI Serahkan Bantuan Kursi Untuk Gereja Lakafehan Atapupu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Fakultas Vokasi Unhan RI melakukan kunjungan ke Gereja Santo Dominikus Lakafehan, Desa Dualuas, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Selasa (21/9/2021).

Kunjungan Fakultas Vokasi Unhan RI dipimpin Dekan Brigjen TNI Dr Agus Winarna dalam rangka melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi bidang pengabdian kepada masyarakat di wilayah Paroki Atapupu.

Dekan didampingi Wadek I Bidang Akademik Kolonel Sus Dr. Tatar Bonar Silitonga, para Kaprodi Kol L Dr Lutgi dan Kol Dr Dovian perwakilan dosen dan perwakilan kadet mahasiswa disambut oleh Pastor Paroki Atapupu Romo Yoris Giri, Pr bersama dewan Paroki.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat itu, Fakultas Vokasi Unhan RI memberikan bantuan sebanyak 100 buah kursi untuk Gereja Santo Dominikus Lakafehan. Yang mana Gereja ini juga sebagai tempat peribadatan bagi kadet mahasiswa.

Romo Yoris menyampaikan pihaknya sangat gembira dan mengapresiasi atas bantuan 100 buah kursi dari Kemhan Rl dan Universitas Pertahanan RI yang diserahkan oleh Dekan Fakultas Vokasi Brigjen Agus.
Bantuan ini wujud kepedulian untuk kepentingan pelayanan di gereja.

“Kita berharap Fakultas Vokasi dan khususnya kadet mahasiswa harus menjadi mahasiswa yang berdisiplin tinggi, belajar tekun dan keras, sebab angkatan pertama adalah menjadi kebanggaan,” ujar Yoris dalam sambutannya.

Lanjut dia, dirinya selama ini telah memberikan materi dan pelayanan ibadah bagi kadet nahasiswa yang beragama katholik. Dia menyatakan kesediaannya bekerja sama dengan Fakultas Vokasi dan bersedia menjadi narasumber dan dosen tamu.

Sementara itu Dekan Brigjen TNI Agus Winarna menjelaskan bahwa kehadirannya beserta rombongan termasuk perwakilan kadet mahasiswa dan dosen berkaitan dengan tridharma perguruan tinggi khususnya bidang pengabdian kepada masyarakat.

Dikatakan, pihaknya menyerahkan bantuan sebanyak 100 buah kursi untuk rumah ibadah Gereja Lakafehan yang dapat digunakan umat untuk kepentingan dalam pelayanan gereja serta umat.

Agus juga berharap masyarakat dapat menerima kehadiran fakultas vokasi Unhan RI yang berdekatan dengan gereja dan desa ini. Selain itu memandang pentingnya kegiatan pengabdian masyarakat ke gereja ini yang berada dibawah Keuskupan Atambua.

Masih menurut dia, peka lalu pihak Unhan RI telah melakukan audensi dan penjajakan kerjasama dengan Keuskupan Atambua dan diterima langsung oleh bapak Uskup Atambua Mgr Dominikus Saku Pr.

Ditekankan, hal ini penting mengingat peran yang telah dilakukan Keuskupan Atambua dalam pemberdayaan masyarakat serta berbagai sumber daya yang dimiliki Kabupaten Belu berkaitan erat dengan tujuh program studi Fakultas Unhan RI, yaitu prodi budi daya pertanian lahan kering, prodi budidaya tanaman perkebunan, prodi budidaya ternak, prodi perikanan tangkap, prodi pengolahan hasil perikanan/kelautan, prodi permesinan kapal, dan prodi budidaya ikan.

“Kedepannya Fakultas Vokasi Unhan RI dan Gereja Santo Dominikus Lakafehan saling berkolaborasi untuk mewujudkan kadet mahasiswa yang maju, unggul dan berkarakter,” tutup Agus.