Tim KKN UGM Salurkan Vitamin untuk Hewan Ternak di Desa Waibao

Bagikan Artikel ini

Waibao, NTTOnlinenow.com – Tim Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) periode 2 unit Aramoana Tanjung Bunga bekerjasama dengan PT Medion Ardhika Bhakti memberikan bantuan berupa vitamin B kompleks untuk hewan ternak di Desa Waibao, Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

KKN-PPM UGM periode 2 ini dilaksanakan selama 50 hari dari tanggal 5 Juli 2021 – 23 Agustus 2021. Walau mahasiswa yang tergabung dalam tim Aramoana Tanjung Bunga dilakukan secara daring, mahasiswa dapat membantu para peternak di Desa Waibao untuk mensejahterakan dan meningkatkan kesehatan hewan ternak melalui pengiriman vitamin B kompleks.

Masyarakat Desa Waibao, rata-rata memiliki hewan ternak seperti babi, ayam, kambing, domba, dan juga sapi. Mereka setidaknya memiliki salah satu jenis hewan ternak untuk dijual sebagai tambahan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga Kesehatan hewan ternak. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan tambahan vitamin. Dalam pakan hewan seperti rumput memiliki kandungan vitamin, namun asupan vitamin yang dibutuhkan oleh hewan bisa jadi kurang karena mengalami proses pengolahan yang menyebabkan kandungan vitamin dalam pakan berkurang. Maka sangatlah penting memberikan tambahan vitamin untuk hewan ternak.

Vitamin adalah senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh dalam proses metabolisme tubuh baik manusia maupun hewan. Manfaat vitamin untuk hewan salah satunya yaitu meningkatkan penyerapan nutrisi di dalam tubuh dan membantu mempercepat kesembuhan ternak saat sakit. Kekurangan vitamin bisa menyebabkan ternak tidak nafsu makan, kenaikan berat badannya lambat dan berefek pada produksi susu ternak.

Selain memberikan bantuan vitamin B kompleks, mahasiswa UGM juga memberikan edukasi terkait manfaat dari vitamin untuk hewan ternak dalam bentuk poster digital. Masyarakat menyambut baik bantuan dari tim KKN-PPM UGM karena telah memberikan semangat kepada masyarakat yang sempat trauma karena penyakit yang menyerang ternak babinya sampai habis. (Zephania)