Bupati dan Wabup Belu Didampingi Dandim Belu Panen Anggur Hijau di Silawan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Bupati Belu dr. Taolin Agustinus dan Wabup Aloysius Haleserens didampingi Dandim 1605/Belu, Letkol Inf Wiji Untoro melakukan panen anggur hijau di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan, Rabu (11/8/2021).

Panen anggur hijau hasil budidaya Babinsa Serka Duarte Dos Santos dihadiri juga Kolonel Agus dari Universitas Pertahanan, Plt. Kepala Kesbangpol, Pastor Paroki Stella Maris Atapupu, Kepala Cabang BRI Atambua, Ketua Persit KCK Kodim Belu, Kepala Desa Silawan serta kelompok budidaya anggur.

Bupati Taolin mengapresiasi khusus Dandim 1605/Belu karena selalu memberikan dan melakukan pekerjaan diluar dari kebiasaan. Seperti hari ini kita lakukan panen anggur hasil budidaya anggota TNI Kodim Belu.

“Kita sering mendengar cerita TNI Manunggal dengan rakyat dan ini merupakan buktinya yang Pak Dandim lakukan dengan berbagai kegiatan yang sangat merakyat dan pro rakyat yakni bekerja sesuai dengan yang rakyat lakukan dan menghasilkan sesuatu yang bernilai,” ujar dia.

Dijelaskan, pemerintah kedepannya akan melakukan mapping daerah-daerah yang cocok untuk pengembangan anggur, mempersiapkan marketnya, serta panen dan citarasa dari anggur ini harus khas.

Pemerintah juga akan membantu pupuk, bibit serta olah lahan untuk meningkatkan produktivitas serta pendampingan dari PPL untuk mempertahankan kualitas/mutu dari produk yang kita hasilkan serta marketnya/harga jualnya memuaskan petani.

“Mudah-mudahan kedepan dapat berkembang lagi sehingga kita bersama-sama untuk membangun masyarakat Belu yang sehat, berkarakter dan kompetitif,” terang Taolin.

Sementara itu, Dandim Belu Letkol Inf. Wiji Untoro mengharapkan agar kedepan melalui pendampingan dari Babinsa yang bekerja sama dengan pemerintah agar menghimbau kepada seluruh masyarakat Silawan agar disetiap rumah memiliki lahan untuk budidaya anggur.

“Kedepan juga lewat Prodi Budidaya Pertanian Lahan Kering dari Universitas Pertahanan akan melakukan pendampingan,” kata dia.

Serka Duarte Dos Santos menuturkan, budidaya anggur ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2008 lalu. Dirinya juga menjadi pendamping untuk kelompok-kelompok anggur yang sudah menyebar di wilayah Kecamatan Tasifeto Timur dan Kakuluk Mesak.

Lanjut dia, melalui sinergitas kedepan Desa Silawan menjadi Desa Anggur dan menjadi salah satu program dari Kodim Belu. Saat ini, gereja juga telah mulai menanam anggur dan memiliki harapan agar Paroki Atapupu menjadi Paroki Anggur di Keuskupan Atambua.

“Dalam setahun panen tiga kali. Hari ini di halaman rumah, nanti bulan November kita akan panen raya di kebun besar,” tutup Duarte.