Berkas Perkara Korupsi ADD Letneo Selatan, Dilimpahkan ke PN Tipikor Kupang. Kerugian Negara Mencapai Rp1,1 Miliar

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Berkas perkara dan Barang Bukti dalam perkara Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengelolaan Anggaran Desa Letneo Selatan Kecamatan Insana Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) telah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Kupang, Jumat (06/08/2021).

Hal tersebut disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) TTU, Roberth Jimmy Lambila, S.H, M.H melalui Kasi Pidsus Andre Keya S.H kepada sejumlah awak media, Jumat malam usai pelimpahan berkas perkara dimaksud.

“Telah dilakukan pelimpahan Berkas perkara dan Barang Bukti dalam perkara Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengelolaan Anggaran Desa Letneo Selatan, Tahun Anggaran 2017, 2018 dan 2019 . Tersangka atas nama, Marselinus Sanan”, kata Andre Keya.

Barang bukti yang dilimpahkan dalam perkara dimaksud, berupa 1 unit motor merek Honda CBR
dan dokumen Pengelolaan Anggaran Dana Desa Letneo Selatan untuk tiga tahun anggaran.

Ia juga menyebut nilai kerugian negara yang sangat fantastis untuk ukuran Nusa Tenggara Timur.

“Kerugian negaranya mencapai Rp. 1,1 miliar”, sambung Andre.

Berita terkait : Pakai Dana Desa Untuk Berfoya – Foya, Mantan Kades Letneo “MS” Ditahan. Negara Dirugikan Rp 853 Juta 

Sesuai jadwal, lanjut Andre sidang perkara Tipikor desa Letneo Selatan akan berlangsung pada Senin (09/08/ 2021) dengan agenda pembacaan surat dakwaan.

Sementara terdakwa ditahan di rutan mapolres TTU dan akan diupayakan untuk bisa dibawa ke rumah tahanan di Kupang.

Informasi yang diterima NTTOnlinenow.com, selain pelimpahan berkas perkara dan Barang Bukti dalam perkara Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengelolaan Anggaran Desa Letneo Selatan di tiga tahun anggaran, perkara dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa Banain B juga sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan.

Foto : Kasi Pidsus Kejari TTU, Andre Keya S,H saat menyerahkan berkas perkara dan barang bukti dalam perkara Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengelolaan Anggaran Desa Letneo Selatan Kecamatan Insana Barat, TA 2017 – 2019 di PN Tipikor Kupang.