Materi Pembelajaran Aspek Proses, Keberagaman Peserta

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com -‎ Pembelajaran penerapan panduan pembelajaran mengaplikasikan Panduan SOP dan Renkon desa adaptasi Covid 19 dilihat dari tiga aspek salah satu aspek proses workshop salah satunya keberagaman peserta.

Hal itu disampaikan Moderator SEJAJAR NTT, Veronika Ata, SH, MHUM pada Diskusi Uji Coba PEMBELAJARAN MENGAPLIKASIKAN PANDUAN SOP DAN RENKON DESA ADAPTASI COVID 19: DARI NTT & SUMUT melalui online, Rabu 28 Juli 2021.

Dikatakan ‎pembelajaran Penerapan Panduan dilihat dari tiga aspek: proses workshop , Konten Panduan dan Perspektif peserta terhadap Anak Ditambahkan Buku Panduan Satgas Covid 19 dari aspek proses terlihat semangat belajar, antusias dan sharing, partisipatif dan dinamis.

Selain itu juga kata Veronika keberagaman peserta yakni Satgas Covid 19 level Kota, Kecamatan dan Kelurahan, dari Perguruan Tinggi, LSM, Disabilitas, Pers.

Menurut dia, Konten Panduan juga mudah dipahami dan sesuai kebutuhan , kontekstual, spesifik Perlindungan anak dan kelompok rentan.‎ Lebih lanjut disampaikannya perspektif anak, peserta punya perspektif anak namun perlu diperkuat.

Ditambahkan pemahaman bervariasi tentang dampak psikologis – antara trauma healing dan dukungan psikososial .‎

Dikemukakannya untuk Renkon panduan Renkon mudah dipahami,‎ panduan ini flexibel. Jika di wilayah tersebut sudah miliki Renkon, dapat diintegrasikan.‎ Selain itu tambahnya ‎Memperkuat kesiapan, antisipasi, solidaritas,‎ menggunakan kelompok yang sudah ada, tidak perlu bentuk baru.

Sementara itu pembelajaran lain yakni Peningkatan kapasitas/pemahaman hak anak kepada Satgas Covid 19 atau fasilitator desa‎, perlu informasikan Protocol Safeguarding kepada satgas yang bekerja bersama anak. Diskusi ini banyak pertanyaan bagaimana mengkoneksikan kerja kerja relawan dengan Satgas Covid 19, garis komando seperti apa, otoritas mana yang melaksanakannya.(non)