Bupati Malaka Instruksikan Segera Survei Wisma PLBN Motamasin Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Betun, NTTOnlinenow.com – Bupati Malaka Dr. Simon Nahak menginstrusikan agar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 segera melakukan survei Wisma Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin untuk dijadikan tempat isolasi mandiri terpusat penanggulangan Covid-19.

Instruksi tersebut menyikapi usulan Dandim 1605/Belu, Letkol (Inf) Wiji Untoro kepada Pemkab Malaka untuk menyediakan lokasi isolasi mandiri terpusat dalam upaya penanggulangan penyebaran Covid-19 di wilayah Malaka, Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Menurut Bupati Simon, pemerintah sudah mendapat beberapa masukan terkait upaya bersama penanggulangan wabah Covid-19 di wilayah Kabupaten Malaka perbatasan dengan Negara Timor Leste.

“Kemarin Pak Dandim Belu usulkan supaya disiapkan tempat khusus untuk isolasi mandiri. Tempat yang dipilih, Wisma PLBN Motamasin. Saya apresiasi dan suport ide bagus pak Dandim tersebut,” ujar dia Selasa (20/7/21).

Jelas Simon, usulan Dandim 1605/Belu untuk menyiapkan tempat khusus isolasi mandiri penanganan Covid-19 sangat tepat sehubungan dengan upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 agar tidak meluas di wilayah Kabupaten Malaka.

“Sehingga, saya instrusikan kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di bawah koordinasi pak Sekda, Kadis Kesehatan dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk segera lakukan survei Wisma PLBN Motamasin,” kata dia.

Ditekankan bahwa, upaya penanggulangan wabah Covid-19 perlu menjadi perhatian dan tanggung jawab semua pihak. Berbagai cara dan dukungan baik berupa ide maupun terobosan yang dilakukan semua pihak untuk membantu Pemkab Malaka patut diapresiasi.

“Mari kita bekerja sama untuk mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Sehingga, penyebaran virus itu tidak meluas dan membahayakan,” pinta Simon.