Program Serbuan Vaksinasi TNI AL Mendapat Apresiasi Dari Wali Kota Kupang

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Wali Kota Kupang, Dr. Jefisrtson R. Riwu Kore, MM, MH mengapresiasi program nasional Serbuan Vaksinasi yang diperuntukkan bagi warga. Dukungan tersebut disampaikannya saat menghadiri launching Program Nasional Serbuan Vaksinasi untuk masyarakat desa pesisir dan pelabuhan yang berlangsung di halaman Kantor Syahbandar Tenau Kota Kupang, Selasa (29/6).

Wali Kota Kupang menyampaikan terima kasih kepada Danlantamal VII Kupang yang sudah membantu Pemerintah Kota Kupang dalam melaksanakan kegiatan serbuan vaksinasi masal bagi masyarakat pesisir dan pelabuhan. Hal ini menunjukan bahwa Pemerintah Kota Kupang dan TNI AL mempunyai tekad yang sama untuk memutus rantai covid 19 di Provinsi NTT dan Kota Kupang pada khususnya.

Diakuinya varian baru covid 19 saat ini lebih kuat dari covid 19 sebelumnya. Oleh karena itu Pemerintah Kota Kupang sangat serius dalam menangani kasus covid 19. Wali Kota berharap program serbuan vaksinasi ini tidak hanya diperuntukkan bagi warga di pesisir dan pelabuhan saja, tapi juga bisa diikuti oleh warga dari kelurahan lain di Kota Kupang.

Pada kesempatan yang sama, kembali Wali Kota mengimbau warga Kota Kupang untuk mentaati protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi.

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) VII Kupang Laksamana Pertama (Laksma) TNI IG Kompiang Aribawa, CHRMP yang melaunching Program Nasional Serbuan Vaksinasi menyampaikan saat ini terjadi lonjakan kasus covid hingga mencapai 3 sampai 4 kali lipat. Karena itulah percepatan program vaksinasi nasional terus dilakukan pemerintah guna menciptakan kekebalan komunal dan menekan laju penularan covid 19. Pemerintah menargetkan 1 juta dosis vaksin per hari yang dimulai pada tanggal 26 Juni hingga Juli 2021 mendatang. Selanjutnya pada bulan Agustus nanti target tersebut akan dinaikan dua kali lipat sehingga target pemerintah dalam rangka penyuntikan jumlah besar vaksinasi pada masyarakat dapat terlaksana.

Danlantamal menambahkan pemerintah pusat telah memberikan tanggung jawab dalam pelaksanaan program percepatan vaksinasi nasional kepada Kemenkes dan TNI-Polri. 40 persen dilaksanakan oleh TNI dan Polri serta 60 persen dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan pemerintah daerah. Melalui program ini, menurutnya TNI dan Polri terus bergerak untuk mendukung program pemerintah guna dapat mempercepat pencapaian Herd Immunity sehingga dapat terwujud dengan baik agar Indonesia bebas covid 19.

TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal VII Kupang sebagai bagian dari organisasi TNI menurutnya siap mendukung penuh program percepatan vaksinasi nasional. Dijelaskannya pekan serbuan vaksin maritim yang dilaksanakan oleh TNI AL kali ini dilaksanakan secara serentak di Lanal Lanal jajaran Lantamal VII dengan sasaran target para pekerja Pelabuhan Tenau Kota Kupang dan masyarakat umum di sekitar pelabuhan, karena mereka memiliki resiko dan mobilitas tinggi bekerja di pelabuhan tempat keluar masuknya kapal asing dan domestik. Sebagai salah satu penopang ekonomi, para pekerja pelabuhan harus mendapat vaksin agar sehat dalam bekerja. Ditambahkannya setelah di pelabuhan program pekan vaksin maritim akan dilanjutkan ke desa-desa pesisir dengan KRI atau KAL.

Turut hadir dalam launching program serbuan vaksinasi tersebut, Kabid Dokkes Polda NTT, Kombes Pol. dr. Sudaryono, General Manager PT Pelindo III Tenau Kupang, Agus Setiawan Nazar, Koordinator pada kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur, Deddy Herliyantho dan Camat Alak, Yulianus Willem Pally, SH, serta perwakilan dari TNI Angkatan Udara dan TNI Angkatan Darat. *PKP