INKAI Cabang Belu Gelar Ujian Kenaikan Sabuk

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – INKAI (Institut Karate-Do Indonesia) Cabang Kabupaten Belu menggelar ujian kenaikan tingkat atau penurunan kyu , Minggu (27/6/2021).

Kegiatan berlangsung di Aula Makoyonif RK 744/ SYB, Tobir, Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Anggota Intel Yonif RK 744/SYB, Simpai Lalu Hamzanwadi bertindak sebagai salah satu penguji mengatakan, jumlah peserta kenaikan tingkat sebanyak 300 orang dari enam ranting.

Keenam ranting dimaksud antara lain, ranting Sivava, ranting Kodim 1605/Belu, ranting Kompi Kaveleri, ranting Donbosco, ranting Atapupu dan ranting Haliulun.

Ujian kenaikan tingkat

“Kenaikan tingkat ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan dengan melibatkan enam ranting sekaligus dan dipusatkan di Makoyonif RK/744SYB,” kata pelatih Dojo SIVAVA itu.

Jelas Lalu, tim penguji juga gabungan dari enam ranting, meliputi Shinsai Pius Seran (Dan IIII / Wakil ketua INKAI kab Belu), Simpai Petrus Bere(Dan II / MSH INKAI Belu), Jhose Saldanha (Dan II), Emanuel Bere (Dan II), Maria P. Widiyanti Dan II / Bendahara INKAI kab Belu) dan beberapa simpai lainnya.

Dituturkan bahwa, kegiatan ujian kenaikan tingkat ini untuk menumbuhkan semangat para karateka untuk giat belajar, dan juga menambah ilmu.

Tujuan pemilihan Dojo Sivava sebagai tempat ujian adalah untuk membentuk sikap disiplin serta mental yang kuat. Ujian dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” terang Lalu

Dari berbagai tingkat sabuk, saat ujian kenaikan karateka dibatasi sebanyak 30 orang, sehingga terbagi kedalam 10 gelombang. “Setiap gelombang terdiri dari 30 orang sehingga tidak berkerumun,” pungkas Lalu.