Proses Pelelangan Bantuan Seragam Sekolah Telah Rampung

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Program pemerintah Kota Kupang untuk membantu menunjang pendidikan di Kota Kupang, dengan memberikan bantuan seragam sekolah dan handphone Android, sudah mulai dilakukan. Saat ini, untuk pengadaan seragam dan buku proses pelelangan telah selesai.

“Sementara untuk pengadaan handphone Android sementara proses dan masih menunggu e-katalog terbuka, karena dalam e-katalog yang ada sebagian sudah terbuka dan sebagiannya belum, jika sudah maka kita langsung masuk,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Dumuliahi Djami kepada wartawan,Selasa (8/6/2021).

Dia mengatakan, untuk seragam sudah berproses dan masih menunggu 120 hari kerja untuk rekanan memproses pengadaannya.

Dia mengatakan, anggaran yang dialokasikan pada anggaran murni tahun 2021 kemarin untuk kegiatan seragam sekolah dan buku sebesar Rp 7 miliar.

“Sementara untuk Android sebesar Rp 1,5 miliar. Selain itu pemerintah atau Dinas Pendidikan juga tidak bisa menentukan merk Android tertentu karena itu menjadi kewenangan dari pejabat pembuat komitmen atau PPK,” katanya.

Dia mengatakan, sesuai dengan perencanaan yang ada di dinas, Android dengan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar ini, direncanakan untuk membeli kurang lebih 750 Android.

“Android ini Rencananya akan dibagikan kepada sekolah-sekolah yang ada di pinggiran untuk diberikan kepada siswa-siswi yang benar-benar membutuhkan, baik untuk SD dan SMP,” ujarnya.

Dia mengatakan, Android ini dihibahkan ke sekolah dan pihak sekolah akan memilih anak atau siswa mana yang benar-benar membutuhkan fasilitas Android ini, tetapi tidak menjadi hak milik siswa tersebut.

“Android ini menjadi hak milik dan tanggung jawab dari sekolah karena Android ini menjadi bagian dari aset atau belanja modal,” ujarnya.

Dumul menambahkan, sementara untuk pakaian seragam sekolah dan buku sesuai dengan rencana akan dibagikan bagi 49.000 siswa-siswi, baik TK, SD maupun SMP di Kota Kupang. (YM)