Kemenhan Berikan Penghargaan Kepada 300 Patriot Bela Negara di NTT

Bagikan Artikel ini

Oelamasi, NTTOnlinenow.com – Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia yang diwakili oleh Direktur Bela Negara, Brigjen TNI Dr. Jubei Levianto mengatakan acara pemberian Piagam dan PIN Bela Negara bagi masyarakat NTT merupakan salah satu wujud penghargaan negara kepada warga negara Indonesia (WNI) yang berjasa dalam usaha menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Beliau mengharapkan kegiatan ini dapat dijadikan momentun untuk menumbuhkembangkan semangat Bela Negara bagi semua komponen bangsa.

Dirinya ucapkan selamat kepada Kader Bela Negara NTT yang menerima piagam penghargaan PIN Bela Negara pada Kamis 3 Juni 2021. Mereka adalah WNI yang berjuang mempertahankan Timor-Timur dari tahun 1975 sampai dengan jajak pendapat pada tahun 1999. Kesetiaan mereka kepada NKRI diwujudkan dengan memilih untuk tetap tinggal di Indonesia saat referendum pada tahun 1999 yang membuat provinsi Timor-Timur lepas dari Indonesia menjadi Negara Timor Leste.

Lanjutnya, atas jasa dan pengorbanan dalam mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, masyarakat penerima penghargaan wilayah Kodim 1604/ Kupang yang berjumlah 300 orang, berhak menerima penghargaan tersebut. Karena merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk memberi dan memperhatikan jasa serta perjuangan para pejuang untuk mempertahankan keutuhan dan kedaulatan Bangsa Indonesia.

Atas pertimbangan jasa serta pengorbanan WNI yang telah setia dan berjuang untuk membela dan mempertahankan kedaulatan NKRI, maka Kementerian Pertahanan RI perlu memberikan sebuah penghargaan berupa piagam patriot Bela Negara.

Piagam penghargaan tersebut diberikan oleh Staf Ahli Kementerian Pertahanan RI, Mayjen TNI Nugroho kepada perwakilan penerima penghargaan, Bupati Kupang Korinus Masneno dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Obet Laha. Diberikan kepada Bupati dan Sekda, Sebab orang nomor satu di Kabupaten Kupang tersebut, bersama Sekda Kabupaten Kupang, pernah berkarier dan mengabdi di Timor-Timur dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, Kodim 1604/ Kupang, Satuan Bela Negara Kupang, Kapolres Kupang, masyarakat penerima penghargaan serta undangan lainnya.