Pintu Transportasi Dibuka, Pelaku Perjalanan Wajib Lengkapi Dokumen

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Terhitung mulai tanggal 18 Mei 2021 pintu transportasi baik Darat, Laut maupun Udara kembali dibuka namun bagi para pelaku perjalanan wajib memiliki dan melengkapi dokumen perjalanan dalam bentuk Rapid Ag melalui pelabuhan ataupun bandara.

“Hal tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran Covi-19 pasca lebaran dan harus dilaksanakan pemeriksaan secara ketat bagi pelaku perjalanan,”demikian ditegaskan Dandim 1601 Sumba Timur Letkol Czi. Dr. Dwi Joko Siswanto, SE,MI,Pol Senin (17/5/2021).

Letkol Dwi Joko yang juga Tim Satgas Covid-19 Sumba Timur menjelaskan, selama 14 hari harus dilaksanakan pemantauan diwilayah masing-masing seperti Posko PPKM Mikro harus tegas dan disiplin melaksanakan kegiatan ini.

“Dampak secara nasional akan timbul apabila langkah antisipasi lokal tidak serius dilakukan, jadi ini perlu ketegasan posko dan elemen terkait saling bahu membahu karena kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan untuk bersama-sama menangani pandemi Covid-19,”tandasnya.

Selain itu Letkol Dwi Joko mengingatkan, beberapa waktu lalu muncul pemberitaan terkait vaksin Astra Zeneca yang diklaim menimbulkan KIPI sehingga Ka. Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat dilakukan Press Release terkait vaksin Batch CTMAV547 yang semntara waktu dihentikan penggunaanya dalam rangka penelitian lebih lanjut.

Letkol Dwi Joko menyampaikan, beberapa waktu lalu Kodim 1601 Sumba Timur telah menerima 30 vial vaksin Astra Zeneca namun berjenis Batch CTMAV 544 dimana vaksin tersebut dinyatakan aman oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Jadi bagi warga yang telah divaksin jenis tersebut dihimbau untuk tidak panik dan jangan menerima bertia atau informasi atau isu yang berasal dari sumber yang tidak dapat dipertanggung jawabkan,”terang Letkol Dwi Joko.