Vaksinasi Penduduk Sumba Timur Baru Mencapai Dua Persen

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Sasaran vaksinasi Covid-19 diwilayah Kabupaten Sumba Timur hingga saat ini baru mencapai dua persen atau sekitar 3.384 jiwa dari 167 ribu sasaran vaksinasi. Tentu hal ini belum memberikan hasil yang signifikan.

“Untuk menyatakan bahwa Sumba Timur bisa kembali dalam kehidupan sebelum Covid-19 angka idealnya adalah bila pencapaian sekitar 70 persen dan jumlah sasaran atau sekitar 116 ribu jiwa warga Sumba Timur yang divaksin maka normalisasi kehidupan masyarakat tercapai,” kata Dandim 1601 Sumba Timur Letkol Czi. Dr. Dwi Joko Siswanto, SE.,MI.,Pol Minggu (16/5/2021).

Menurutnya, jika sasarannya minimal 70 persen penduduk Sumba Timur telah tervaksinasi maka terbentuk Herd Immunity kelompok akan mengakibatkan kekebalan kelompok sudah terbentuk maka masyarakat dapat melepas masker atau kembali ke pola kehidupan sebelum adanya Covid-19 walaupun saat ini kita sepertinya sudah merasa terbiasa dengan masker dalam kehidupan sehari-hari.

Letkol Dwi Joko yang juga Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sumba Timur menjelaskan, saat ini jajaran Kodim 1601 Sumba Timur dan ASN sudah 98 persen divaksin dan Istri anggota Kodim 1601 Sumba Timur 85 persen, anak-anak usia 18 tahun sudah 90 persen yang divaksin meskipun demikian pihaknya melarang untuk melepas masker. Hal itu untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Bukannya sudah melebihi target 70 persen vaksin, lalu mengapa masih menggunakan masker dan disiplin prokes. Lingkungan Kodim 1601 Sumba Timur memang dapat dikatakan aman namun sebagai bentuk edukasi terhadap masyarakat dan lebih terjaminnya tidak terpapar kembali Covid-19 maka 3 M harus tetap ditegakkan,” tandas Letkol Dwi Joko.