Bandara A.A Bere Tallo Atambua Laksanakan Program Padat Karya

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kantor Unit Penyelanggara Bandara Udara (KPBU) A.A Bere Tallo Atambua, Haliwen, Kabupaten Belu melaksanakan program padat karya dengan membersihkan area shoulder.

Kegiatan padat karya akan berlangsung selama empat belas (14) hari kedepan terhitung pembukaan hari ini dengan melibatkan warga masyarakat berjumlah 35 orang yang tinggal di sekitar kompleks Bandara wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Kepala Bandara A.A Bere Tallo, Yulius Kismono kepada media usai membuka kegiatan padat karya, Senin (8/3/2021).

Kismono menuturkan, selama empat belas hari kedepan warga dua wilayah Kelurahan Manumutin, Kecamatan Kota dan Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Mesak di sekitar Bandara yang terlibat dalam program ini akan membersihkan semak-semak.

“Kita tetap terapkan protokol kesehatan Covid-19 selama pelaksanaan program padat karya,” ungkap dia.

Dikatakan, kegiatan ini merupakan program padat karya Pemerintah Pusat yang langsung diinstruksikan Bapak Presiden RI Jokowi guna bantu mendorong pemulihan ekonomi nasional di tingkat daerah, terutama di tengah pandemi Covid-19. Selain itu menciptakan lapangan kerja guna meningkatkan kesejahteraan warga.

“Program ini dilaksanakan tanggal 8 hari ini sampai 22 Maret mendatang. Warga akan bersihkan semak-semak di sekitar area shoulder bandara dengan panjang kurang lebih 4.000 meter,” sebut Kismono.

Tujuan kegiatan ini memupuk rasa kebersamaan, gotong royong bersama masyarakat dalam membangun dan memelihara fasilitas bandara A.A. Bere Tallo Atambua, dan untuk menjamin terciptanya keamanan dan keselamatan penerbangan.

“Manfaat pelaksanaan program padat karya ini memberikan nilai tambah ekonomi masyarakat sekitar yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan memperluas kesempatan kerja sementara untuk nasyarakat,” ujar Kimono.

Dalam kegiatan ini warga diberikan upah perharinya. Dimana setiap warga dibayar Rp 95 ribu selama 14 hari melakukan kegiatan padat karya. “Kegiatan ini juga kita memberdayakan warga sekitar Bandara agar turut memiliki Bandara menjaga dan memelihara,” kata dia.

Kimono berharap bantuan masyarakat sekitarnya menjaga Bandara ini demi terjaminnya keselamatan penerbangan. Apa yang kita lakukan ini perdana dan akan terus berlanjut sesuai jadwal setahun tiga kali dilaksanakan.

Sementara itu, pihak Pemerintah tingkat Kelurahan dan Desa sangat mengapresiasi program padat karya Bandara A.A Bere Tallo. Kegiatan ini sangat positif, hal baik dimana kita rasa memiliki dimana Bandara di wilayah kita.

Dikatakan, pihak pemerintah mendukung penuh apa yang dilakukan pihak Bandara dan mari kita sama-sama jaga bandara dan terus tingkatkan program ini.

“Selain itu rasa memiliki, menjaga, memelihara Bandara ini dan menciptakan rasa nyaman bagi warga yang gunakan fasilitas ini,” pungkas Kades Kabuna Laka.

Untuk diketahui, jadwal pelaksanaan padat karya ditahun 2021 antara lain ;
1. Pemeliharaan Terminal 20 Hari 6 Orang Rp. 158.000/Hari
2. Pembersihaan Area Shoulder 14 Hari 35 Orang Rp. 95.000/Hari (Maret)
3. Pembersihaan Drainase 14 Hari 30 Orang Rp. 95.000/Hari (Juli)
4. Pembersihaan Area Shoulder 14 Hari 35 Orang Rp. 95.000/Hari (Oktober)