Masa Jabatan Willy-Ose Berakhir, Frans Manafe Jabat PLH Bupati Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Masa jabatan Willybrodus Lay dan J.T Ose Luan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Belu resmi berakhir Rabu (16/2/2021) setelah selama lima tahun memimpin Kabupaten Belu periode 2016-2021.

Selesainya masa jabatan tersebut ditandai dengan penyerahan jabatan Bupati dan Wakil Bupati Belu oleh Willy Lay kepada Pj. Sekda Belu, Frans Manafe sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Belu disaksikan Pimpinan Forkopimda dan OPD di Gedung Wanita Betelalenok, Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Rabu (17/02/2021).

Willy Lay mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan dan berterimakasih kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya bersama Mantan Wakil Bupati Belu, Ose Luan untuk memimpin dan melayani masyarakat selama lima tahun.

“Tanpa terasa saya dengan Pak Ose selama lima tahun diberi kepercayaan oleh masyarakat mengemban tugas sebagai pelayan publik. Terima kasih untuk Tuhan yang pada tahun 2015 membuat saya dengan Pak Ose dipercayakan masyarakat,” tutur dia.

Mantan Bupati Belu itu menyampaikan terima kasih kepada Mantan Wakil Bupati Belu, Ose Luan yang merupakan seorang birokrat senior di kabupaten Belu telah mendampingi dirinya mengemban tugas selama lima tahun dengan baik.

“Terima kasih Pak Ose yang mendampingi saya selama lima tahun. Selama lima tahun dalam hal berkaitan pelayanan pemerintahan ada kekurangan, kesalahan yang menyakiti Pak Ose saya mohon maaf. Terima kasih Pak Ose seorang birokrat senior mendampingi saya, saya dari seorang pengusaha jujur dunia birokrasi awam bagi saya tapi untung ada Pak Ose mendampingi saya sehingga kami dapat menyelesaikan pemerintahan ini dengan baik,” sebut Lay.

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada DPRD Belu sebagai mitra, didukung forkompinda plus sehingga dirinya bersama Pak Ose dapat menyelesaikan pemerintahan selama lima tahun dengan baik. Juga dukungan semua PNS dan masyarakat Belu.

Lanjut Lay, dirinya sangat bangga dengan pimpinan OPD dan PNS lainnya karena membantu tanpa pamrih, saya mencatat dan rakyat merasakan hasil dari ketulusan sahabat-sahabat saya dalam bekerja dan melayani masyarakat. “Di hari berbahagia ini saya menyampaikan permohonan maaf apabila selama lima tahun ada kekhilafan saya mohon maaf,” pinta Lay.

Sementara itu Ose Luan menyampaikan, atas nama diri pribadi dan sebagai Wakil Bupati selama lima tahun mendampingi Pak Willy menyampaikan terima kasih dan syukur kepada Tuhan.

Dituturkan, dalam proses ada awal ada akhir, ada mulai ada selesai. Dan hari ini merupakan pelaksanaan regulasi lima tahunan, bertepatan hari pelantikan dan hari akhir tugas. Willy Lay dan Ose Luan mengakhiri tugas jabatan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Belu.

Kesempatan itu Ose Luan menyampaikan terima kasih dan mohon maaf untuk semua pimpinan OPD dan ASN juga masyarakat karena mungkin selama ini pelayanan dan pengabdian tulus pihaknya belum semuanya dirasakan. Kepada PLH Bupati dan Penjabat Sekda ia menyampaikan selamat dan laksanakan tugas ini dengan baik sambil menanti penjabat Bupati.

“Yang berbeda itu biarlah menjadi kenangan dan kekuatan bagi kita,” tutup mantan Sekda Belu itu.

Frans Manafe selaku PLH Bupati Belu menerangkan bahwa hari ini dilaksanakan serah terima jabatan Bupati dan Wakil Bupati Belu periode 2016-2021 kepada penjabat Sekertaris Kabupaten Belu sebagai Pelaksana Harian Bupati Belu.

Dia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Belu, bapak Willybrodus Lay dan Wakil Bupati, bapak Drs J.T Ose Luan yang telah mengabdikan diri selama 5 tahun dalam tugas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan dengan baik demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Kabupaten Belu yang berkualitas, maju, mandiri, demokratis dan berbudaya.

“Banyak hal baik yang telah dilakukan oleh bapak berdua dan akan tetap diingat oleh kami masyarakat Kabupaten Belu,” pungkasnya.

Karena itu, PLH Bupati Belu ini menuturkan bahwa ada waktu untuk bertemu namun ada juga waktu untuk berpisah sehingga dirinya memohon maaf kepada Bupati dan Wakil Bupati Belu periode 2016-2021, Willybrodus Lay dan JT Ose Luan.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Belu, kami mohon maaf kepada bapak berdua apabila dalam kebersamaan kita ada tutur kata, sikap dan perbuatan kami yang tidak berkenan di hati bapak berdua,” pinta Manafe.

Diketahui, Frans Manafe selaku penjabat Sekertaris Daerah Belu resmi mengemban tugas sebagai Pelaksana Harian (PLH) Bupati Belu sejak hari ini, Rabu (17/02/2021) sebagai pelaksanaan Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor : 120/738/OTDA tertanggal 3 Februari 2021 dan Surat Gubernur Nusa Tenggara Timur nomor : PEM.131/II/63/II/2021 tertanggal 16 Februari 2021.