Penjelasan Pemerhati Sumba Terkait Isu Pulau Sumba Dijual Di Situs Onlile

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Terkait isu Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dijual disalah satu situs online, Pemerhati Sumba Yudi Umbu T.T Rawambaku, SE menjelaskan, pulau Sumba memiliki 4 Kabupaten yakni, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya (SBD).

Yudi menyebut, khususnya di Kabupaten Sumba Timur ada beberapa pulau kecil yang sudah memiliki nama dan ada pula yang belum memiliki nama. Diantaranya pulau yang memiliki nama yakni, Watu Laikumbu, Watu Ngunjutamiang, Watu Praibakul, Watu Purutahu, Pulau Nuha, Pulau Bolakamba, Pulau Nuha Belar, Watu Kambuka, Watu Tawutu, Watu Wahang, Watu Karata, Watu Praiwai, Watu Ngunju, Watu Wona, Watu Wala, Watu Kapengbani, Watu Tutuku, Pulau Kotak, Pulau Mengkudu dan Pulau Salura yang saat ini berpenghuni.

Menurut Yudi, isu mengenai Pulau Sumba dijual disitus online ada baik dan buruknya yakni, berita baiknya adalah pulau Sumba sudah dikenal dan terekspos dengan keindahan alamnya yang mempesona sedangkan buruknya satu jari menunjuk kedepan tapi empat jari tertuju ke diri kita.

“Jadi yang terjual kedunia adalah keindahan Pulau Sumba, budaya dan baharinya serta kearifan lokal namun yang perlu kita waspada adalah makelar-makelar tanah di Pulau Sumba hingga ketempat lain dengan slogan “Land Sumba for Sale” ini miris bangat,”ungkap Yudi Jumat (12/2/2021)

Yudi menuturkan, isu dijualnya Pulau Sumba disitus online sangat tak masuk akal mungkin disitus tersebut menjual kekayaan alam di Pulau Sumba seperti wisata pantai, budaya dan baharinya yang nanti akan memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Jadi kesimpulannya bahwa tidak ada yang jual pulau Sumba yang dibutuhkan adalah Perda Investasi dan sebagainya,”ungkap Yudi Umbu T.T Rawambaku, SE.