Sebagian Besar Nakes di Kota Kupang Telah Divaksin

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Kepala Bidang pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsi mengatakan hingga saat ini 2778 tenaga Kesehatan di kota Kupang yang menerima vaksinasi. Tenaga kesehatan yang divaksin itu teraebar di 26 Fasilitas Kesehatan (Faskes).

“Vaksin bagi tenaga kesehatan ini, diharapkan sudah selesai pada minggu ke dua, atau minggu ketiga bulan Februari ini,” kata Sry Wahyuningsih kepada wartawan, Kamis (11/02/2021) di Kupang.

Sry Wahyuningsi mengatakan, Sampai dengan saat ini data tenaga kesehatan yang sudah divaksinasi sebanyak 2778 orang dari 3.400 Nakes.

Dia menjelaskan, BPJS dan Kementerian sudah menginstruksikan untuk dilakukan penyederhanaan dalam sistem vaksinasi ini, sehingga setiap hari, Fasilitas kesehatan yang ada di kota Kupang dapat melayani vaksinasi.

“Sehingga diharapkan pada minggu kedua bulan Februari ini semua tenaga kesehatan khususnya yang ada di Puskesmas dan rumah sakit yang ada di kota Kupang sudah mendapatkan vaksinasi,” ujarnya.

Dikatakan, vaksinasi ini juga diberikan kepada tenaga kesehatan yang memenuhi syarat yaitu yang sehat, dan tidak diberikan kepada tenaga kesehatan yang pernah terpapar, hamil dan tidak memiliki penyakit bawaan.

“Kami sudah memantau dan meminta kepada semua Kepala Puskesmas dan direktur rumah sakit di kota Kupang, agar semua tenaga kesehatan yang sudah terdaftar wajib divaksinasi, dari target yang ditetapkan sebanyak 3. 400 tenaga kesehatan, dan target pada minggu kedua bulan Februari semua anaknya sudah mendapat vaksinasi tahap pertama,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sampai pada akhir Februari mendatang ditargetkan semua tenaga kesehatan sudah mendapat vaksinasi tahap kedua.

“Sesuai dengan arahan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang agar semua Puskesmas melakukan vaksinasi kepada semua tenaga kesehatan yang sudah terdaftar,” katanya.

Dia menjelaskan, Distribusi vaksin dan sistem program pun dilakukan satu pintu, semua melalui gudang farmasi, agar vaksin tersebut dapat dipantau dengan baik, agar Farmasi juga memantau sistem penyimpanan vaksin, dan menjaga suhu vaksin tetap baik dan saat diberikan kepada tenaga kesehatan kondisi vaksin dalam keadaan baik.

Dia mengatakan, Untuk tahapan vaksinasi selanjutnya pemerintah kota Kupang melalui Dinas Kesehatan Kota Kupang masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

Dia menjelaskan, sampai sejauh ini pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan baik dan hanya ada laporan 2 kasus dengan gejala ringan, seperti nyeri dan pusing, dan langsung ditangani secara baik dalam waktu 30 menit.

Dia meminta agar semua masyarakat kota Kupang wajib memiliki kartu tanda penduduk dengan Nomor induk kependudukan yang jelas karena untuk mendaftarkan sebagai penerima vaksin harus menggunakan NIK.

Sementara, kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Retnowati, sebelumnya memastikan semua tenaga kesehatan di kota Kupang menerima vaksin covid-19.

Untuk pelayanan vaksin, kata Retnowati, dilakukan di semua Puskesmas, Rumah Sakit, serta laboratorium Dinas kesehatan Kota Kupang. Vaksin itu, kata dia, saat ini disimpan di Gudang Farmasi, Oesapa.

Kata Retnowati, para penerima vaksin ini sudah terdaftar. Setiap vaksin sudah tertera nama penerima sesuai dengan data yang susah dikantongi Dinas Kesehatan.