Monitoring DPRD TTU. Ambruknya Bronjong Kali Seumbam, Kesalahan Pihak Perencana

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Monitoring Komisi III DPRD Timor Tengah Utara (TTU) ke lokasi ambruknya bronjong kali Seumbam desa Maubesi kecamatan Insana Tengah, menemukan fakta bahwa bronjong tersebut ambruk akibat terkikis banjir.

“Sangat disayangkan, dinas teknis terkait dalam merencanakan produk tidak melihat dan melakukan pertimbangan secara menyeluruh”, kesal Wakil Ketua DPRD TTU, Yasintus Naif di depan seluruh amggota Komisi III DPRD TTU, kontraktor dan sejumlah masyarakat yang turut hadir di kali Seumbam, Selasa (09/02/2021).

Setelah melihat langsung kondisi bronjong yang ambruk, Yasintus menyimpulkan kesalahannya terletak di pihak perencana. Pasalnya, bronjong yang merupakan pekerjaan minorlah yang terkikis oleh banjir. Sementara pekerjaan mayornya tetap tidak mengalami kerusakan. Oleh karena itu, pihaknya meminta supaya dinas berkoordinasi dengan pihak konsultan perencana, agar dalam masa pemeliharaan ini dapat segera melakukan perbaikan sehingga menimbulkan kerugian bagi masyarakat sekitar.

“Ini masih dalam masa pemeliharaan, kami dari lembaga DPRD berharap ada koordinasi dengan pihak ketiga, dalam hal ini kotraktor untuk bisa memperbaiki, karena jika tidak maka menimbulkan kerugian besar bagi masyarakat sekitar. Kami minta dari Dinas untuk turun ke lapangan dan melihat secara langsung kerusakan di sana untuk dibicarakan bersama bagaimana penanggulangannya, ketimbang hanya berbicara di media,”ujarnya.

Berita sebelumnya : Bronjong Kali Seumbam Ambruk Usai Dikerjakan. Kontraktor Bilang Itu Salah Perencana

Sementara, Pihak Kontraktor, Tedy Rendo dari CV Impian Bersama yang berada di lokasi kerjanya, masih tetap pada pernyataan semula. Menurutnya apa yang dikerjakan CV. Impian Bersama sudah sesuai dengan gambar dari pihak perencana.

“Pengerjaan bronjong kali Seumbam dari Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten TTU, sudah dilaksanakan sesuai RAB. Berdasarkan gambar yang diterima pihak kami, proses pembangunan bronjong dilakukan dengan cara langsung dibentangkan tanpa digali terlebih dahulu”, tandas Tedy sambil menunjukkan gambar dari pihak perencana

Foto Kolase : Direktur CV. Impian Bersama, Tedy Rendo menunjukkan gambar dari pihak perencana.

Baca juga : Bronjong Kali Rubuh, Kepala BPBD TTU : Pembangunan Bronjong Seumbam Harus Digali Terlebih Dahulu 

Atas hasil temuan monitoring tersebut, pihaknya selaku pimpinan DPR, selanjutnya akan berkoordinasi dengan komisi teknis dalam hal ini komisi III, agar segera menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama dinas terkait. Dengan demikian, jika ada rekomendasi-rekomendasi dari DPR, maka hal tersebut dapat segera ditindaklanjuti oleh dinas.

Pada waktu yang sama, PPK Frans Sanbein, mengatakan pihaknya berterima kasih kepada DPRD TTU yang turut merespon peristiwa ambruknya bronjong di Kali Seumbam. DPRD TTU langsung turun ke lokasi dan melihat secara langsung kerusakan yang terjadi. Pertemuan lapangan tersebut akan ditindaklanjuti oleh pihaknya selaku PPK yang mewakili dinas untuk mempertemukan semua pihak yang berkepentingan dalam pekerjaan itu untuk mencari solusinya.

“Kunjungan hari ini melibatkan rekanan, pengawas dan PPK, minus perencana saja. Dengan pertemuan hari ini di lapangan nanti akan ditindaklanjuti PPK mewakili dinas untuk mempertemukan semua pihak yang berkepentingan dalam pekerjaan ini untuk mencari solusinya. Dalam waktu dekat saya akan melayangkan surat panggilan kepada konsultan perencana untuk secepatnya kami mencari solusi secara teknis ini jalan keluarnya apa yang kami lakukan agar bisa menyelesaikan persoalan,” pungkasnya.

Keterangan Foto : Wakil DPRD TTU, Yasintus Naif saat melakukan monitoring di kali Seumbam bersama Komisi III, Selasa (09/02/2021).