Desa Woloara di Ende Praktik Bikin Disinfektan Covid-19

Bagikan Artikel ini

Laporan Adi Rianghepat
Kupang, NTTOnlinenow.com – Penyebaran virus Covid 19 yang terus saja meningkat dan merambah hampir seluruh wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) telah memantik kewaspadaan setiap pemangku di daerah. Seperti yang dilakukan Kepala Desa Woloara, Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende, Robertus Riwu. Bersama jejaring petugas medis level puskesmas, pihaknya melakukan aksi pembuatan disinfektan.

Tak hanya membuat, namun kegiatan yang dilakoni tim penggerak PKK desa itu juga dibarengi dengan sosialiasi kepada seluruh aparatur hingga ke tingkat dusun serta RT dan RW. “Anggarannya kami swadaya, ya sebagai kepala desa ini sudah menjadi tanggung jawab saya,” kata Robertus Riwu, melalui sambungan telepon kepada media ini, Senin (8/2/2021).

Aksi itu dilakukan sebagai tindaklanjut dari arahan Bupati Ende kepada perangkatnya mulai pada level camat hingga desa sekabupaten tetsebut pada 28 Januari 2021 silam untuk memutus rantai penyebaran virus mematikan yang belum ditemukan obatnya itu.

Tahapan pembuatan disinfektan

Alumnus Seminari San Dominggo Hokeng itu mengaku aksi pembuatan disinfektan serta sosialisi pembuatannya itu dilakukan sejak 1 hingga 3 Februari. Kegiatan itu juga dihadiri Kepala Puskesmas Kelimutu, Velicitas Lero. “Dan kegiatan langsung dilakukan dengan komando Ketua PKK Desa Woloara Ibu Florida Hartini Laru,” tuturnya.

Menurut dia, aksi yang dilakukan memanfaatkan sejumlah bahan tersebut menghasilkan sekitar 6 liter disinfektan. “Nanti hasilnya akan kita bagikan dan saatnya akan dimanfaatkan warga untuk kepentingan protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Menjawab tingkat penyebaran virus tersebut di desa yang berada di sekitar TN Danau Tiga Warna Kelimutu itu, Robertus mengaku masih relatif aman. Menurut Robertus, warga di desanya sampai saat ini masih terbebas dari paparan virus Covid-19. “Kami terus berupaya untuk memastikan agar warga tetap bebas virus dengan menerapkan protokol kesehatan ketat,” tambahnya.***

Keterangan Foto : Kepala desa Robertus Riwu sedang lakukan sosialisasi