Masyarakat Perbatasan RI – RDTL Rebutan Masker Gratis

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Pelaku pasar dan masyarakat sekitar desa perbatasan RI – RDTL, Haumeni Ana kecamatan Bikomi Nilulat Kabupaten Timor Tengah Utara berebutan menghampiri mobil ambulance Sahabat Yosef Falentinus D. Kebo untuk mendapatkan masker gratis, Sabtu (06/02/2021) pagi.

Antusias masyarakat dan pedagang di pasar Haumeni Ana sangat tinggi, menyambut pembagian masker gratis oleh anggota Organisasi Bela Tanah Timor (Beta Timor) Nusa Tenggara Timur.

Saking ramainya masyarakat berebut masker, membuat seluruh amggota Beta Timor yang terlibat kewalahan. Pasalnya 1250 pcs masker yang dibagikan habis dalam waktu singkat.

“Ini menandakan kesadaran masyarakat untuk bermasker saat berada di luar rumah sangat tinggi. Hanya saja mereka ketiadaan masker”, ungkap Ketua Ormas Beta Timor, Victor Kapiran Skera.

Ia juga mewajibkan setiap anggota keluarga memiliki masker. “Semua anggota keluarga wajib memiliki masker masing – masing dan harus lebih dari satu”, kata Victor.

Melihat kesadaran bermasker masyarakat yang sangat tinggi, salah satu pelaku pasar, Alfred Doa mengatakan, semoga ke depan banyak pihak bergandeng tangan dengan pemerintah untuk membantu masyarakat soal masker.

“Kesadaran bermasker masyarakat sangat tinggi. Hanya saja masyarakat ketiadaan masker. Masalah virus Corona ini menjadi masalah kita bersama sehingga selain Organisasi Beta Timor, pihak lain bisa menggandeng pemerintah membantu masyarakat soal masker”, harap Alfred.

Alfred juga mengucapkan terimakasih kepada Founder Beta Timor, Yosef Falentinus D. Kebo yang melalui Organisasi Beta Timor NTT selalu hadir menjawab kebutuhan mendesak masyarakat di kabupaten TTU.

“Saya mewakili pelaku pasar desa perbatasan Haumeni Ana dan masyarakat sekitar mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Founder Beta Timor, bapak Yosef Falentinus D. Kebo yang selalu peduli dengan masyarakat”, ungkap Alfred.

Pantauan NTTOnlinenow.com, 1250 pcs masker dari 10 ribu masker yang disiapkan Ormas Beta Timor telah habis terbagi di pasar perbatasan Haumeni Ana.

“Selain pembagian masker di pasar – pasar dalam wilayah kabupaten TTU, kita juga sudah bagikan ke klinik – klinik dan warga dengan pola door to door. Adapun tempat – tempat kerumuman seperti antrian Bank menjadi sasaran kami. Termasuk pelaku pasar kecil di pinggir jalan umum, terminal, semua kita bagikan”, tambah Florentinus Yuniadi Bere didampingi sejumlah anggota Ormas lainnya, yang terlihat aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan dari Ormas Beta Timor.

Untuk diketahui, kegiatan pembagian masker gratis oleh anggota Ormas Beta Timor terbagi dalam dua kelompok. Dalam waktu yang sama, berlangsung pembagian masker gratis di pasar Manufui Kecamatan Biboki Selatan. Sebelumnya kegiatan yang sama juga berlangsung di Kilinik Pratama St Elisabet Kiupukan Kecamatan Insana, pasar – pasar tradisional lainnya, yakni di Fatumtasa Kecamatan Insana Utara, pasar Oenopu Kecamatan Biboki Tanpah, pasar Eban Kecamatan Miomaffo Barat, pasar Maubesi Kecamatan Insana Tengah dan pasar Noemuti Kecamatan Noemuti dan akan menyusul di pasar – pasar tradisional lainnya dalam wilayah Kabupaten TTU.