Seorang Nelayan Hilang Saat Melaut di Perairan Atapupu Perbatasan RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Seorang nelayan dilaporkan hilang saat melaut di perairan Atapupu, Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Informasi yang berhasil dihimpun NTTOnlinenow.com dari berbagai sumber, Dedi (36) nelayan yang berdomisili di Dusun Fatuluka, Desa Jenilu, Kecamatan Kakuluk Mesak wilayah Belu.

Yang bersangkutan masuk ke laut untuk mencari ikan sejak Minggu dini hari pukul 03.00 Wita (31/1/2021) kemarin. Dedi melaut menggunakan perahu viber warna biru les kuning mesin tempel merk Yamaha 15 PK.

Diketahui, sesuai kronologi awal saksi Fadia yang juga isteri Dedi sebelum kejadian tersebut sempat melarang yang bersangkutan untuk tidak pergi melaut dikarenakan cuaca buruk (gelombang besar).

Namun, yang bersangkutan tidak mendengar larangan isterinya dan tetap memaksakan diri masuk ke laut untuk memancing.

Tim SAR dan pihak terkait mencari nelayan yang hilang di perairan Atapupu

Sementara itu, Mukthar saksi kedua yang baru selesai memancing dan hendak pulang ke daratan sekitar pukul 06.00 Wita menemukan perahu yang bersangkutan di tengah perairan.

Kurang lebih di 3 mil laut dari darat Pelabuhan Atapupu saksi melihat perahu milik nelayan Dedi dengan kondisi mesin perahu masih dalam keadaan hidup.

Akan tetapi yang bersangkutan Dedi tidak berada di perahu tersebut. Atas kejadian tersebut, saksi pun langsung menghubungi teman nelayan lainnya. Perahu korban langsung dibawa ke darat, dan melakukan pencarian namun tidak di temukan.

Oleh keluarga, kerabat dan warga sekitar bersama aparat Pol Air Atapupu dan Personel Angkatan Laut Atapupu langsung melakukan pencarian terhadap korban namun tetap belum menemukan yang bersangkutan.

Pencarian hilangnya seorang nelayan Dedi di Perairan laut Atapupu saat memancing memasuki hari kedua. Rencana hari ini, tim Sar Atambua didukung satu unit kapal dan personil serta Pol Air Atapupu dan Angkatan Laut akan melanjutkan pencarian terhadap yang bersangkutan.