Satu Pasien Suspect C19 Meninggal Dunia di RSUD dr Ben Mboi Ruteng

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro S. Marthin
Ruteng, NTTOnlinenow.com – Juru Bicara Satgas Covid 19 Manggarai, Lodovikus Demung Moa, kembali mengumumkan satu pasien C19 meninggal dunia di RSUD dr. Ben Mboi Ruteng, Minggu (31/1/2021).

Pasien itu berinisial IN (44) berjenis Kelamin Laki-laki, Alamat Tenda, Kelurahan Tenda, Kecamatan Langke Rembong.

Almarhum meninggal dunia akhibat Suspect C19 (orang yang memiliki gejala batuk, pilek, demam atau sakit tenggorokkan yang memiliki riwayat perjalanan ke wilayah penyebaran C19 maupun memiliki riwayat kontak dengan penderita C19), ungkap Moa.

Diketahui, IN masuk RSUD dr. Ben Mboi Ruteng, pada Kamis, 28 Januari 2021, pukul 11.15 Wita. Oleh petugas medis langsung dilakukan pengambilan Sampel SWAB untuk pemeriksaan Rapid Test Antigen, hasilnya Positif C19. Selanjutnya IN mendapatkan perawatan selama 4 (Empat) hari di Ruang Isolasi RSUD dr Ben Mboi dengan mengikuti Protokol C19.

Untuk diketahui, lanjut Moa, Almarhum IN sendiri tidak dilakukan pemeriksaan lanjutan PCR/TCM, karena Stok bahan Reagen untuk Pemeriksaan TCM/PCR, di Laboratorium RSUD dr Ben Mboi Ruteng telah habis dan Pihak RS sedang mengusahakan pengadaan bahannya. Sedangkan sampel SWAB-nya sudah diambil dan dikirim ke Kupang.

Kini jenasah Almarhum IN, dimakamkan di Pemakaman Keluarga, di Wae Mbeleng, desa Benteng Kuwu, Kecamatan Ruteng dengan mengikuti Protokol Kesehatan C19.

Satgas C19 juga menyebutkan, hingga Minggu, 31 Januari 2021, jumlah pasien positif C19 di Kabupaten Manggarai mencapai 1.111 orang. Diantaranya, sejumlah 987 orang pasien C19 hasil Rapid Test Antigen Positif, sejumlah 124 orang pasien C19 hasil Test PCR Positif, dan 8 (delapan) orang meninggal dunia. 1 (Satu) dari 8 orang pasien meninggal dunia itu merupakan pasien suspect (rapid antigen positif), sedangkan 7 (tujuh) lainnya terkonfirmasi C19 berdasarkan PCR/TCM.

Guna mencegah penyebarannya, Moa berharap agar masyarakat Manggarai tetap mematuhi Protokol kesehatan, seperti Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak atau menghindari kerumunan.