Peduli Lingkungan, PDAM Gandeng Satgas Yonif RK 744 dan Warga Penghijauan di Dusun Wabenahi

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider Khusus 744/SYB bersama warga melakukan penghijauan di wilayah perbatasan Kabupaten Belu.

Aksi peduli lingkungan serta menjaga kelestarian alam itu diwujudkan melalui kegiatan bersama PDAM Belu yang bergotong royong melaksanakan kegiatan Reboisasi penanaman pohon di sumber mata air Dusun Wabenahi Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu, Jumat (15/01/2021).

Demikian Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/01/2021).

Dijelaskan bahwa, kegiatan penghijauan kewajiban seluruh warga dalam menjaga dan melestarikan alam. Bibit anakan pohon yang di tanam antara lain, anakan pohon mahoni dan pohon beringin.

“Kegiatan reboisasi penanaman pohon di sekitaran sumber mata air di Dusun Webenahi Desa Silawan,” terang dia.

Dikatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah yang dilakukan untuk melestarikan hutan, karena itu Satgas Pamtas membantu Pemda Kabupaten Belu serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan program penghijauan dengan menanam kembali hutan yang gundul akibat kemarau panjang.

“Sehingga hutan menjadi hijau kembali dan kelestarian alam bumi tetap terjaga, serta terpelihara dengan baik keasrianya,” ujar Alfat.

Lanjut dia, penanaman pohon yang dilaksanakan juga bertujuan untuk membantu pemerintah dalam memperbaiki lingkungan sebagai paru-paru dunia akan tersedianya oksigen bagi mahluk hidup.


Sementara itu, Direktur PDAM Kabupaten Belu Yon Koi Asa mengatakan penanaman pohon ini sangat tepat dilakukan, karena musim hujan sudah sementara berlangsung.

“Semoga mata air selalu dijaga debitnya dengan adanya pohon disekitarnya. Maka dari itu, marilah kita dukung kegiatan ini, kita teruskan dengan menambah jumlah tanaman untuk di tanam di hutan,” pinta dia.

Danpos Silawan Letda Inf Felisianus Nainatu berpesan kepada warga perbatasan agar gunung-gunung selalu dijaga, jangan diganggu, itulah sisa-sisa hutan kita.

“Hutan dan pohon harus kita jaga dengan benar,karena adanya kesejukan alam adalah cermin adanya oksigen yang sehat,” tegas dia.