Kodim Belu Sukses Berdayakan Warga Beternak Ayam KUB di Tengah Pandemi Covid-19

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pandemi Covid-19 yang tengah melanda saat ini tidak menyurutkan semangat prajurit TNI satuan Kodim 1605/Belu melakukan usaha memberdayakan masyarakat di bidang ketahanan pangan sekaligus meningkatkan ekonomi warga.

Seperti yang terlihat di kompleks Koramil 01-Atambua, Kelurahan Fatukbot, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu terdapat kampung ayam KUB yang dikelola warga kelompok Terate binaan Kodim 1605/Belu.

Diharapkan, pemberdayaan ternak ayam KUB mampu meningkatkan ekonomi warga masyarakat dalam sektor peternakan di tengah pandemi Covid-19 yang tengah melanda saat ini.

Selain menjalankan tugas pokok sebagai TNI, pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 terus dilakukan prajurit Kodim 1605/Belu serta berbagai pihak dalam setiap aspek kehidupan demi menjaga kelangsungan hidup setiap anggota masyarakat.

Kodim 1605/Belu melalui pembinaan bagi masyarakat terdampak Covid-19 telah membuat kampung ternak ayam KUB yang telah berjalan sejak tahun lalu di Koramil 01-Atambua secara bersama-sama dengan masyarakat sekitaran Koramil.

Setiap harinya Anggota Koramil bersama masyarakat kelompok binaan mengurus ayam KUB. Bagaimana memperkenalkan, merawat, memberikan makan serta memasarkan hasil panennya.


Selain itu, bagaimana cara membersihkan kotoran dalam kandang ayam sehingga kondisi ayam dalam keadaan sehat dan siap dipasarkan.

Alsino Barros yang juga Ketua Kelompok Terate ternak ayam KUB mengatakan, pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan ekonomi sangat bermanfaat bagi warga sekitar Koramil.

Melalui kegiatan ini warga yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan akhirnya bisa bekerja bersama-sama anggota Koramil dalam pemberdayaan beternak ayam KUB. Selain itu, ditengah pandemi Covid-19 saat ini, dapat membantu ketahanan pangan dan peningkatkan ekonomi warga.

Sementara itu, Dandim Belu Letkol Inf Wiji Untoro menuturkan, kelompok binaan kampung ternak ayam KUB binaan Kodim tersebar di beberapa Koramil dalam wilayah Kabupaten Belu dan Malaka wilayah kerja Kodim 1605/Belu.

“Tujuan dengan adanya kampung ternak ayam KUB ini dapat membantu ketahanan pangan warga serta meningkatkan ekonomi masyarakat dalam sektor peternakan,” ujar Wiji.