Kodim 1605/Belu Gelar Komsos Bersama Kelompok Tani Anggur Silawan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dandim 1605/Belu, Letkol Inf Wiji Untoro melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama warga kelompok tani anggur di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Rabu (6/1/2021).

Dalam pengarahannya, Dandim Belu Letkol Wiji menuturkan, tidak ada orang yang sukses yang tidak pernah gagal, dan orang yang sukses tidak akan pernah berhenti dalam berusaha. Suatu keberhasilan yang diraih semuanya berawal dari suatu usaha kerja keras yang tiada hentinya karna kita diberikan otak dan akal untuk berpikir maju kedepan.

Dikatakan, sebagai satuan kewilayahan Kodim mempunyai tugas membina wilayah teritorialnya melalui para Babinsa, gunanya adalah untuk menyiapkan Ruang, Alat, Kondisi (RAK) yang tangguh agar selalu siap digunakan yaitu melalui ketahanan pangan salah satunya melalui budidaya anggur yang saat ini dikembangkan di desa silawan melalui Babinsa.

“Jadikanlah Desa Silawan ini sebagai desa anggur, selain itu apabila semua masyarakat telah menanam anggur maka akan menjadi suatu daya tarik tertentu dibidang pariwisata,” pinta dia.

Selain itu, lanjut Wiji saat ini juga Kodim sedang mengembangkan peternakan ayam KUB, perlu diketahui bahwa potensi ayam di pasaran sangat menguntungkan terutama bagi kita yang berada di wilayah perbatasan.

“Kegiatan ini untuk menggugah dan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk mau bekerja demi mencapai keberhasilan dan kesejahteraan oleh karna itu mari kita kembangkan anggur ini,” kata Wiji.

Tujuan dari pelaksanan komsos ini adalah untuk mempererat jalinan silaturahmi, meningkatkan koordinasi dan membangun komunikasi antara Kodim sebagai satuan kewilayahan dengan warga masyarakat untuk membangun kebersamaan, saling membantu dan saling mengisi.

“Selain itu untuk memberikan motivasi serta mengajak masyarakat dalam memanfaatkan potensi wilayah yang saat telah dirintis oleh Babinsa Desa Silawan melalui budidaya anggur,” terang dia.


Selain anggur saja, warga juga diperkenalkan tentang salah satu program unggulan dari Kodim 1605/Belu yang saat ini sedang dikembangkan yaitu ternak Ayam KUB guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Sekdes Silawan Yakobus Berek menyampaikan bahwa kami selaku pemerintah Desa sepakat bahwa Desa Silawan ini mempunyai ikon atau keunggulan sendiri, karna mayoritas petani di Desa Silawan ini adalah petani musiman.

“Melihat akan hal itu tentu ada terobosan lain untuk meningkatkan ketahan pangan sehingga kami melihat apa yang dilakukan oleh Bapak Babinsa ini sangat luar biasa sekali dan saat ini tanaman anggur ini telah dikembangkan oleh setiap kepala keluarga masing-masing 2 anakan,” ujar dia.

Diharapkan, kedepan Babinsa memberikan sosialisasi bagaimana sistem penanaman dan pemeliharaan yang baik, karna kami dari Desa telah menyiapkan lahan untuk di tanam anggur dan terkait akan hal ini kami minta Babinsa memberikan pendampingan kepada masyarakat dalam budidaya anggur di Silawan.