Patroli Malam Tahun Baru, Aparat Bubarkan Kerumunan dan Amankan Warga Mabuk

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Aparat gabungan TNI, Polri dan Instansi terkait Pemerintah melakukan patroli malam pergantian tahun baru di wilayah Belu, Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Kamis (31/12/2020).

Patroli gabungan dibawah pimpinan Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh dan Dandim 1605/Belu Letkol Inf Wiji Untoro menggunakan sepeda motor serta kendaraan aparat gabungan yang mengelilingi wilayah Kota Atambua.

Dalam patroli skala besar hingga Jumat (1/1/2021) dini hari, Kapolres Belu bersama Dandim membubarkan kerumunan massa di beberapa titik di dalam kota Atambua tepatnya di depan kantor camat Atambua Selatan, kompleks Motabuik dan depan BRI cabang Atambua.

Dari tiga lokasi tersebut, aparat kepolisian dan TNI berhasil mengamankan tujuh orang warga yang sedang mabuk-mabukkan di tepi jalan. Saat ditegur warga yang sedang miras mberusaha melawan aparat dan langsung diamankan ke Mapolres guna pembinaan.

Menurut Kapolres Khairul, perayaan malam tahun baru kali ini, sudah diimbau tidak ada kerumunan atau acara-acara yang berpotensi menimbulkan keramaian. Bilamana, maka pihaknya akan mengambil langkah tegas dengan membubarkan dan memproses sesuai hukum yang berlaku.

“Jauh dari perayaan malam tahun baru ini, kami sudah rutin mengimbau dan melarang untuk berkerumun dan menggelar kegiatan pesta atau yang mendatangkan banyak massa karena saat ini kita lagi pandemi Covid-19,” terang dia.

“Tadi ada 3 lokasi yang Kami bubarkan dan 7 orang kami amankan dan langsung kami angkut ke Polres karena sudah berkerumun, mabuk-mabukan dan melawan petugas saat dilakukan imbauan,” tambah Khairul.

Lanjut dia, di titik-titik lain terpantau aman dan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang biasanya ramai pas malam pergantian tahun, malam ini arus lalu lintas lancar, tidak ada konvoi besar-besaran serta tidak ada kerumunan massa yang mencolok seperti perayaan sebelum-belumnya.


Disamping patroli gabungan, aparat Kepolisian sejak Kamis (31/12/2020) malam pukul 22.00 wita, melakukan pengamanan di penggal-penggal jalan dan penyekatan di beberapa lokasi dan ruas jalan yang dianggap sebagai tempat berkumpulnya massa setiap jelang pergantian tahun.

“Pengetatan pengamanan dan penyekatan ini juga dilakukan gabungan TNI Polri dimasing-masing kecamatan. Ada beberapa titik yang Kita tutup total seperti di jalur lapangan simpang lima, fronteira garden dan lokasi lainnya yang mana setiap tahunnya sering mengundang massa. Di simpul-simpul jalan kota Atambua, kita isi personil gabungan, termasuk di kompleks pasar lama dan pasar baru,” terang Khairul.

Begitupun jelas Kapolres Belu, di wilayah hukum Polsek (kecamatan), anggota Kita bersinergi dengan rekan-rekan TNI melakukan hal yang sama dengan meningkatkan pengamanan, patroli dan terus mengimbau warga untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Langkah yang Kita lakukan ini terbukti efektif, dimana hanya segelintir masyarakat yang melanggar aturan protokol kesehatan namun secara umum perayaan tahun baru kali ini aman terkendali, baik di kota maupun di tingkat kecamatan,” pungkas Khairul.