Sinergi TNI-Polri Amankan Hari Natal Sekaligus Ikuti Perayaan Ibadah

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Seluruh Prajurit TNI-Polri bersinergi dilapangan dengan unsur pengamanan dari masyarakat terlibat aktif dalam pengamanan kegiatan ibadah Natal di Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Hal itu untuk menciptakan suasana aman, nyaman dan kondusif ketika umat Kristiaani melaksanakan Ibadah perayaan Natal di Gereja mereka masing-masing.

Tujuan dari kegiatan pengamanan perayaan Natal adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap umat Kristiani dalam melaksanakan ibadah menyambut kelahiran sang juru selamat.

Demikian Danramil 1605-02/Atapupu Mayor Czi Manuel Fernandes kepada media usai perayaan misa Natal di gereja Katolik Santo Dominikus Lakafehan, Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Jumat (25/12/2020).

Menurut Manuel, ini merupakan upaya deteksi dini dan cegah dini terhadap ancaman yang mungkin timbul pada kegiatan ibadah Natal tersebut.

“Sehingga walaupun sambil beribadah kita tetap melakukan kegiatan pengamanan,” ujar dia.

Sementara itu, Danramil 1605-09/Biudukfoho Lettu Inf Leo Soares menyampaikan sebagai seorang aparat komando teritorial tugas dan kewajiban keamanan perayaan Natal di wilayah binaan merupakan hal mutlak harus dilaksanakan.

Dengan demikian sebagai Danramil bersama seluruh anggota melaksanakan misa di tempat Ibadah tersebut sekaligus melaksanakan pengamanan perayaan Natal. Hal itu agar masyarakat bisa tenang aman dan nyaman utk merayakan Natal dan tahun baru yang dilaksanakan setahun sekali.


“Tidak terlepas dari kegiatan pengamanan, kita juga wajib berikan himbauan untuk tetap perhatikan protokol kesehatan disaat pandemi Covid-19 saat ini,” ungkap Soares.

Terpisah, Dandim 1605/Belu Letkol Inf Wiji Untoro membawahi wilayah kerja Belu dan Malaka menugaskan secara khusus kepada seluruh jajaran Koramil turun langsung membantu Polri dalam pengamanan ibadah Natal di masing-masing wilayah dan tetap beribadah gunakan pakaian dinas.

“Dengan perayaan Natal ini, mari kita tetap terus menjaga keamanan, ketertiban dan tetap mematuhi protokol kesehatan, agar sama-sama kita dapat mencegah penyebaran virus Covid-19 saat ini,” harap Wiji.

Kesempatan itu Dandim Belu menyampaikan ucapan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru kepada umat Kristiani di wilayah Kabupaten Belu dan Malaka yang merayakan Natal 25 Desember 2020 sekaligus menyambut Tahun Baru 1 Januari 2021.