Panitia Buka Pendaftaran Seleksi Sekda Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Seleksi pendaftaran untuk jabatan Sekda defenitif Kabupaten Belu dibuka panitia pasca terbentuk dan kantongi rekomendasi KASN.

Rekomendasi pertama itu pada tanggal 8 Juni 2020 lalu tetapi tidak ada tindak lanjut, sehingga Rekomendasi dikeluarkan pada 30 November 2020 lalu dan telah dibuka pendaftaran yakni pada tanggal 3 sampai dengan 9 Desember 2020 mendatang.

Demikian Penjabat Bupati Belu Zhakarias Moruk kepada media, Jumat (4/12/2020).

Jelas dia, pengumuman dari provinsi bagi pejabat tinggi pratama di kabupaten Belu yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi Sekda Belu, sesuai ketentuan yang berlaku.

“Jadi para Kepala dinas yang memenuhi persyaratan harus menyiapkan diri pertama dalam seleksi administrasi,” ujar Moruk.

Penjabat Sekda Belu pak Frans Manafe ditugaskan untuk mempersiapkan proses seleksi tersebut. Sehingga selaku penjabat Bupati Belu, telah dilimpahkan ke beliau untuk berkoordinasi dengan ketua Tim yakni pak Jamal Ahmad, Kadis Sosial selaku ketua tim untuk proses atau tahapan selanjutnya.

Disampaikan bahwa, sampai hari kedua pendaftaran seleksi bagi sekda defenitif Belu, sudah terdapat beberapa kepala dinas yang telah meminta ijin ke penjabat Bupati untuk mengikuti seleksi.

“Pejabat yang meminta ijin antara lain, Anton Suri (Kaban BKPSDMD), Laurentius Nahak (Kadis Nakertrans) Johanes Andes Prihatin (Kadis Kominfo) dan Kepala Inspektorat R.Th.Jossetiyawan Manek,” terang Kaban Keuangan Propinsi NTT itu.



“Semua yang meminta ijin sangat layak dari sisi kepangkatan dan umur, sehingga kita tunggu sampai tanggal 9 Desember nanti berapa orang yang mendaftar termasuk ASN yang dari luar Belu,” sambung Moruk.

Sementara itu Pj Sekda Belu Frans Manafe mengaku belum mendapat laporan dari Kaban BKPSDMD, sehingga ia belum mengetahui proses seleksi itu sudah sampai mana.

“Saya belum mendapat laporan, dan sama sekali tidak tahu. Tetapi kemarin memang saya mendisposisi surat rekomendasi dari KASN untuk proses seleksi sekda defenitif,” ungkap dia.

Saat ditanya bagaimana mungkin pengumuman dan pendaftaran sudah dibuka sedangkan penjabat sekda tidak tahu, lalu Manafe katakan dirinya mendapat informasi tersebut dari salah satu calon yang mengikuti seleksi.

“Jadi siapa-siapa yang sudah daftar dan pendaftaran hingga tanggal berapa selaku penjabat sekda tidak diberitahu. Panitiapun saya belum ketahui,” ucap dia.

Terpisah Kepala BKPSDMD, Anton Suri yang dihubungi sebelumnya mengaku bahwa hari pertama pembukaan pendaftaran sekda defenitif kabupaten Belu belum ada peserta yang mendaftar karena baru diumumkan. Kalau sudah ada yang mendaftar akan disampaikan ke media.

“Panitia seleksi semua dari provinsi terutama asesor dan akademisi dari Universitas Nusa Cendana,” kata Suri.