Lepas 1.005 Wisudawan, Direktur Politeknik Berpesan Jadilah Pelita yang Menerangi Bangsa

Bagikan Artikel ini

Laporan Adi Rianghepat
Kupang, NTTOnlinenow.com – Politeknik Negeri Kupang (PNK), kembali melepas 1.005 wisudawan pada Periode Desember 2020. Seremoni wisuda tersebut dilaksanakan secara virtual dalam gelaran Rapat Senat Luar Biasa pada, Sabtu 5 Desember 2020 di auditorium lembaga vokasi tersebut.

Direktur Politeknik Negeri Kupang (PNK), Ny Nonce Farida Tuati, SE, M.Si berpesan agar para wisudawan harus menjadi dian (pelita) di tengah masyarakat daerah dan bangsa. Semua yang diperoleh selama menjalani pendidikan di lembaga tersebut, hendaknya akan menjadi bekal bagi setiap wisudawan yang akan memulai kehidupannya di tengah masyarakat. “Hendaknya apa yang anda peroleh selama menekuni pendidikan di lembaga ini akan bermakna bagi diri anda dan lembaga ini, jika itu bisa diimplementasikan di tengah masyarakat,” katanya.

Dia mengatakan, tak akan ada ilmu yang berharga, ketika pengetahuan yang diperoleh hanya sebatas atas kertas (ijazah), tanpa ada implementasinya. Karenanya sebagai lembaga pendidikan vokasi, Ny Nonce berharap agar lulusan PNK akan mampu menjadi yang terdepan, mengaplikasikan semua ilmu yang diperoleh selama mengenyam pendidikan di lembaga ini. “Jika dian (lentera) hanya di simpan di bawah meja, akan tak berguna. Taruhlah pelita itu di atas kakinya agar mampu memberi terang bagi masyarakat. Et in lucerna ardens ,” katanya mengutip peribahasa Latin.

Upacara wisuda ini katanya bukanlah akhir dari perjuangan seorang mahasiswa, melainkan merupakan langkah awal wisudawan untuk mulai memasuki dunia kerja yang sesungguhnya di tengah-tengah masyarakat. Bekal yang diperoleh selama menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Kupang, cukup untuk bekerja sesuai dengan bidangnya.

“Saya berharap saudara tidak saja menjadi pencari kerja tapi diharapkan menjadi pelaku usaha baru atau menjadi wirausahawan-wirausahawan yang mampu menciptakan lapangan usaha baru,” katanya. Dan karenanya dibutuhkan kerja keras agar dapat mencapai kesuksesan nantinya. ”Jadilah orang yang berguna bagi diri sendiri, orang tua, masyarakat serta bangsa dan Negara Indonesia yang kita cintai. Jadilah sosok yang bisa dibanggakan, dan akan terus menghasilkan karya-karya besar. Jadilah pemangsa hal-hal besar dan jangan terpaku pada hal kecil yang ada di sekitar, bak seekor elang memangsa lalat “Aquila non capit muscas”. Bangkitkan kepercayaan diri Saudara, agar dunia menjadi milik anda “Credo ergo sum” (aku percaya maka aku ada),” tuturnya.

Dia mengatakan, jumlah wisudawan yang dilepas hari ini berjumlah 1.005 tersebut, berasal dari 6 (enam) jurusan yang ada di Politeknik Negeri Kupang, dengan rincian, Jurusan Teknik Sipil 106 orang, Jurusan Teknik Mesin 68 orang, Jurusan Teknik Elektro 208 orang, Jurusan Akuntansi 162 orang, Jurusan Administrasi Bisnis 243 orang dan Jurusan Pariwisata 218 orang. Semua lulusan tersebut, kata Ny Nonce sudah berkiprah di sejumlah badan dan lembaga di daerah ini.



“Termasuk juga sudah banyak yang menjadi usahawan muda yang sukses dan memberi manfaat bagi masyarakat,” katanya. Pada fakta itu, dikatakannya, Politeknik Negeri Kupang sudah mampu menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk menempuh pendidikan berbekal vokasi. “Secara kelembagaan kami terus berbenah dan meningkatkan kualitas pembelajaran agar bisa terus mendapat tempat terbaik bagi pilihan pendiikan bagi masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Politeknik Negeri Kupang juga memberi apresiasi kepada 17 wisudawan terbaik dari 17 program studi/konsentrasi. 17 wisudawan terbaik tersebut, masing-masing, Emanuel Pabi, A.Md.T predikat (Dengan Pujian) IPK 3,52, Program Studi Teknik Sipil konsentrasi Bangunan Gedung Diploma 3. Carolina A.S Padaka S.Tr.T (Dengan Pujian) IPK 3,62, Program Studi Perancangan Jalan dan Jembatan jenjang S-1 Terapan. Ulhak Bismo Prakoso, S.Tr.T (Sangat Memuaskan) IPK 3,27 Program Studi Teknik Perancangan Irigasi dan Penanganan Pantai jenjang S-1 Terapan. Wiyong Saputro, A.Md.T (Dengan Pujian), IPK 3,68 Program Studi Mesin Otomotif Jenjang Diploma 3. Rikardus H.K.S.B Belolon, A.Md.T (Dengan Pujian) IPK 3,51 Porgram Studi Teknik Mesin Jenjang Diploma 3. Made Indra Aryana, S.Tr.T (Sangat Memuaskan) IPK 3,24 Program Studi Produksi dan Perawatan Jenjang S-1 Terapan.

Berikutnya, Ni Made Nia Aryadewi, A.Md.T (Dengan Pujian) IPK 3,84, Program Studi Teknik Listrik Jenjang Diploma (Keja Sama Politeknik Negeri Kupang dengan PLN). Alfiana Ndoa, A.Md.T (Sangat Memuaskan) IPK 3,45 Program Studi Teknik Listrik Jenjang Diploma 3. Amira Lutfia, A.Md.T (Dengan Pujian) IPK 3,63 Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan Jenjang Diploma 3. Steven Albert Yosephus Ndun, A.Md.T (Dengan Pujian) IPK 3,69 Program Studi Teknik Elektronika Jenjang Diploma 3. Hery K. Nubatonis, S.Tr.T (Sangat Memuaskan) IPK 3,50 Program Studi Teknik Instalasi Listrik Jenjang S-1 Terapan. Mechitildis Felisitas Niron, A.Md.A.B (Dengan Pujian) IPK 3,69 Program Studi Administrasi Bisnis Konsentrasi Perkantoran Jenjang Diploma 3.

Selanjutnya, Haryati Endang Sapulastri, S.Tr.M (Dengan Pujian) IPK 3,86 Program Studi Manajemen Perusahaan Konsentrasi Manajemen Keuangan Jenjang S-1 Terapan. Aprianti Giovani Dimu, A.Md.Ak (Dengan Pujian) IPK 3,81 Program Studi Akuntansi Jenjang Diploma 3. Aldehin Banoet, S.Tr.Ak (dengan Pujian) IPK 3,89 Program Studi Akuntansi Sektor Publik Jenjang S-1 Terapan. Dinas Kusuma Ningrum, S.Tr.Par (Dengan Pujian) IPK 3,77 Program Studi Perhotelan Jenjang S-1 Terapan, dan Melati Tabita Kirana Thei, S.Tr.Par (Dengan Pujian) IPK 3,76 Program Studi Usaha Perjalanan Wisata Jenjang S-1 Terapan.(*)