Komitmen Bersama Gugus Tugas Mewujudkan Kabupaten Layak Anak

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Tim Gugus Tugas KLA Kabupaten Belu komitmen bersama mewujudkan Kabupaten Layak Anak bertempat di gedung Betelalenok, Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Jumat (4/12/2020).

Komitmen bersama ditandai dengan penandatanganan oleh Tim Gugus Tugas KLA Kabupaten Belu oleh Ketua Gugus KLA, Unsur Ketua DPRD Belu, Kepala DP3A Belu, Unsur Dunia Usaha, Unsur LSM, Unsur Media Massa mengetahui Pjs. Bupati Belu

Menurut Ketua Gugus Tugas KLA Kabupaten Belu, Frans Manafe, kami menyadari bahwa anak merupakan investasi besar dalam kualitas sumber daya manusia dimasa depan, untuk menggapai visi anak Indonesia yang chat, cerdas, ceria beraklak mulia cinta tanah air di perlukan upaya-upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak.

Dikatakan, Kabupaten Layak Anak merupakan Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin hak dan perlindungan anak.

Dalam rangka mendukung pengembangan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Belu maka dengan ini kami berkomitmen untuk, pertama ; mewujudkan serta memastikan pemenuhan hak dan perlindungan terhadap anak.

Kedua ; mengalokasikan sumber daya sesuai dengan kewenangan masing-masing sektor dalam rangka mewujudkan implementasi Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Bela.



Ketiga ; membina dan melaksanakan hubungan kerja sama dengan pelaksana pengembangan KLA di tingkat Kecamatan dan Kelurahan/Desa dalam perencanaan penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan KLA di tingkat Kecamatan dan Kelurahan/desa.

Keempat; mengembangkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Belu sesuai dengan karakteristik wilayah dan keanlan lokal dniam rangka menunjang tumbuh kembang anak cara optimal.

Diketahui, tugas dan fungsi Gugus Tugas KLA merupakan lembaga koordinatif di tingkat Kabupaten yang mengorganisasikan upaya kebijakan, Program dan kegiatan untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak dengan Tugas dan Fungsi sebagai berikut:

Tugas pokok Gugus Tugas KLA adalah, mengkoordinasikan berbagai upaya pengembangan KLA, menyusun RAD-KLA, melaksanakan sosialisasi, advokasi dan komunikasi pengembangan KLA, melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan kebijakan, program dan kegiatan dalam RAD-KLA, melakukan evaluasi setiap akhir tahun terhadap pelaksanaan kebijakan, program dan kegiatan dalam RAD-KLA dan membuat laporan kepada Bupati/Walikota.

KLA dalam melaksanakan menyelenggarakan fungsi: tugas tim gugus sama yakni, pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data kebijakan, program, dan kegiatan terkait pemenuhan hak anak. Melaksanakan kebijakan, program, dan kegiatan sesuai dengan RAD-KLA.

Membina dan melaksanakan hubungan kerja dengan pelaksana pengembangan KLA di tingkat kecamatan dan kelurahan/desa dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan KLA di tingkat kecamatan dan kelurahan/desa.

Mengadakan konsultasi dan meminta masukan dari tenaga profesional untuk mewujudkan KLA.