PJS Bupati Belu Hadiri Peringatan HKN-56 Tingkat Kabupaten Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pjs. Bupati BeluZakarias Moruk menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-56 Tingkat Kabupaten Belu, Kamis (12/11/2020).

Kegiatan bertajuk, “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” berlangsung di GOR L.A. Bone Atambua, Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Dalam sambutan tertulis Menteri Kesehatan RI, Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad yang dibacakan oleh Pjs. Bupati Belu Zakarias Moruk menyampaikan bahwa dalam kurun waktu lebih dari 50 tahun kita telah berjuang bersama seluruh masyarakat melaksanakan pembangunan kesehatan. Perjuangan ini dilaksanakan demi mewujudkan manusia Indonesia yang sehat, produktif dan berdaya saing.

Lanjut dia, HKN Ke-56 merupakan momentum untuk kita bersyukur di era pandemi dan mengingatkan kita tentang pentingnya kesehatan.

“Tema HKN 2020 adalah “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” merupakan upaya bagaimana membangun masyarakat yang produktif dan aman dari covid-19 di era adaptasi kebiasaan baru melalui sub tema ”Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat Selamatkan Bangsa di Pandemi Covid-19,” ucap Moruk.

Menkes menghimbau kepada seluruh masyarakat dan seluruh tenaga kesehatan agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah keterpaparan covid-19.

“Sekuat apapun upaya pemerintah tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan,” harap Menkes RI.

Pada akhir sambutan, Menkes berpesan kepada seluruh tenaga kesehatan yang melaksanakan kegiatan pada rangkain peringatan HKN agar memperkuat penerapan strategi penanganan covid-19 sebagai wujud dan tekad bersama masyarakat Indonesia untuk sehat.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran kesehatan di seluruh Indonesia yang selalu berjuang tanpa kenal lelah disemua lini untuk membangun kesehatan untuk mewujudukan Indonesia semakin sehat,” ujar dia.

Diakhir sambutan, Pjs Bupati Belu berpesan kepada seluruh tenaga kesehatan bahwa dimasa pandemi covid-19 dan protokol kesehatan yang telah kita jalankan baik dirumah, kantor dan dimana saja kita berada agar kita fokus menangani dan menekan stunting dan Demam Berdarah di Kabupaten Belu.
“Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-56 bagi teman-teman kesehatan yang merayakan,” tandas Moruk.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Kesehatan, drg. Theresia Un Tae dalam laporan melaporkan bahwa tujuan peringatan HKN ke-56 adalah sebagai momentum untuk menyatukan tekad dalam mewujudkan Indonesia semakin sehat.

Sebagai pengingat publik harus secara bersama-sama menjaga kesehatan diri, keluarga dan masyarakat agar terhindar dari Covid-19 sehingga derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud dengan dukungan seluruh komponen bangsa; Masyarakat semakin mengerti arti penting prilaku dan lingkungan sehat serta mau melakukan gerakan hidup sehat ditatanan keluarga, sekolah, tempat kerja, tempat umum dan fasilitas lainnya.

“Masyarakat diharapkan untuk bersama-sama mencegah stunting demi masa depan generasi penerus bangsa,” ujar dia.

Disampaikan juga dalam rangka Peringatan HKN Ke-56 Tingkat Kabupaten Belu juga dilakukan berbagai kegiatan yakni Pengukuran kebugaran kesehatan jasmani bagi Pimpinan OPD dan pejabat eselon III lingkup Pemda Kabupaten Belu, Lomba Parade Budaya, lomba peregangan traditional, lomba tebe, lomba pidato ayah hebat dan dilaksanakan di 17 Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Belu dan semua perlombaan dibuat dalam bentuk video dan dikirimkan ke panitia.

Dalam peringatan HKN ke-56 juga dilakukan penyerahan piagam dan hadiah yakni Lomba Parade Budaya Juara I Puskesmas Nualain, Juara II Puskesmas Dilumil, Juara III Puskesmas Webora, Juara IV Puskesmas Halilulik; Lomba Tebe Juara I Puskesmas Laktutus, Juara II Puskesmas Kota, Juara III Puskesmas Weluli dan Juara IV Puskesmas Halilulik; Lomba Peregangan Traditional Juara I Puskesmas Halilulik, Juara II Puskesmas Atambua Selatan, Juara III Puskesmas Aululik dan Juara IV Puskesmas Umanen; Lomba Kampanye Ayah Hebat Juara I Puskesmas Silawan, Juara II Puskesmas Laktutus, Juara III Puskesmas Dilumil dan Juara IV Puskesmas Weluli; dan dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan kepada Kelurahan Tulamalae sebagai Kelurahan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Desa Dualaus, Kecamatan Kakulukmesak sebagai Desa STBM dan Kelurahan Beirafu sebagai Kelurahan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). (YB-Advetorial)