Pemkot Mulai Bangun Wisata Kuliner Pasir Panjang

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Kepala Dinas Perikanan Kota Kupang, Orson Nawa mengatakan, Pasca direlokasinya para pedagang ikan ke lokasi baru di samping hotel Sotis, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang mulai membangun kawasan tersebut. Kawasan itu akan dijadikan pusat wisata kuliner dan ruang terbuka hijau. Dilokasi pembangunan di Kelurahan Pasir Panjang Sejumlah materaial telah diturunkan ke lokasi untuk memulai proses pembangunannya.

“Diatas lahan itu, akan dibangun 84 lapak jualan baru berukuran dua kali empat untuk para pedagang. Pembangunan yang menelan anggaran sebesar Rp150 juta itu bersumber dari APBD tahun anggaran 2020,” kata Orson Nawa Kepada wartawan.

Orson Nawa, mengatakan, penataan dan pembangunan kawasan itu diharapkan akan menjawab kompleksitas persoalan dan kebutuhan pembangunan di Kota Kupang.

Menurutnya, kawasan itu masuk dalam kawasan konservasi teluk Kupang, sehingga ada pemberlakuan khusus di wilayah tersebut. tidak boleh buang sampah sembarangan dan tindakan-tindakan yang merusak konservasi.

Ia mengatakan, kawasan itu akan dijadikan wisata kuliner. Para pedagang tidak hanya menjual ikan mentah, namun diolah sedemikian rupa untuk disajikan. Dari situ masyarakat bisa menikmati sajian ikan dan hasil laut, juga sambil melihat keindahan teluk Kupang.

“Kawasan itu hanya akan melayani kuliner, tidak lagi menjual ikan mentah kepada masyarakat untuk kemudian dibawah pulang ke rumah,” katanya. (NTT-YM)