Ketua DPRD Kota Kupang Minta Pemkot Kupang Konsisten Menerapkan Perwali

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Kota, atau Pemkot telah mengeluarkan Peraturan Walikota terkait Protokol Penanganan Covid-19, terkait hal itu, Pemerintah dituntut konsisten dalam melaksanakan dan menjalankan aturan itu.

Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe, Selasa 24 November 2020 menyatakan dukungan terhadap dikeluarkannya Peraturan Wali Kota, atau Perwali, sebagai pedoman bagi pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan, namun pemerintah juga harus konsisten dalam pemberlakuan dan penerapannya.

Loudoe mengatakan, dirinya sejak awal mendorong agar diberlakukannya peraturan penindakan itu demi keselamatan masyarakat banyak. Maka dengan hadirnya Perwali itu, diharapkan bisa mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Terkait dengan sanksi bagi masyarakat, Loudoe mengaku mendukung tindakan itu. Ketegasan pemerintah memang sangat dibutuhkan, mengingat tingkat penyebaran covid-19 semakin meningkat setiap harinya.

Kepada masyarakat, Loudoe berharap agar mengikuti protokol kesehatan, agar bisa mencegah penularannya. Kesadaran bersama merupakan kunci dalam mengatasi penyebaran covid-19 tersebut.

Sementara Wakil Walikota Hermaus Man mengatakan, perwali itu kini sudah mulai disosialisasikan ke masyarakat. Sebelum upaya penindakan, sosialisasi harus terlebih dahulu dilaksanakan.

Hermanus Man mengatakan, masyarakat mesti mengetahui secara terperinci aturan itu, termasuk pemberlakuan denda. Masyarakat harus tahu, denda 100 ribu rupiah itu berlaku pada siapa dan denda sebesar 10 juta rupiah itu berlaku pada pihak-pihak mana saja, agar masyarakat tidak kaget pada saat penindakan nantinya.

Herman mengatakan, operasi penindakan nantinya itu akan dilakukan oleh satuan polisi pamong praja dan tim gugus tugas serta para lurah amsing-masing. Satpol PP dan tim gugus tugas akan melaksanakan operasi berjalan, sedangkan para Lurah, fokus di wilayahnya masing-masing. (NTT-YM)