Rumah Sakit Kota Masih Bisa Tampung Pasien Covid-19

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Sejumlah Rumah Sakit di Kota Kupang, masih memungkinkan untuk menampung pasien covid-19. Meski demikian, Dinas Kesehatan. bakal menyurati pemerintah provinsi (pemrov) meminta bantuan menyediakan sejumlah rumah sakit cadangan untuk perawatan pasien covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang Retnowati, kepada wartawan Kamis (12/11/2020) mengatakan, kapasitas rumah sakit masih memungkinkan untuk merawat pasien.”Rumah sakit kita pada umumnya masih mampu mampu menampung pasien,” katanya.

Retnowati mengatakan, apabila terus terjadi lonjakan kasus dan rumah sakit penyanggah Kota tak mampu lagi menampung pasien, maka pemerintah kota akan meminta bantuan pemerintah provinsi untuk menggunakan sejumlah rumah sakit penyanggah.

Ruang isolasi yang disediakan pemkot, kata Retnowati, diperuntukan untuk merawat pasien yang terkonfirmasi covid-19, sedangkan orang tanpa gejala (OTG) diharapkan bisa menjalani isolasi mandiri di rumah secara teratur.



Namun demikian, stigma masyarakat dengan keberadan OTG masih tetap melekat, maka peluang menyiapkan salah satu ruangan isolasi dalam pertimbangan.

Selain pasien, tenaga kesehatan juga perlu disiapkan ruang isolasinya. Semula pemkot menyiapkan ruang Bepelkes bagi tenaga kesehatan menjalani isolasi mandiri usai menagani paisien.

“Namun karena Balpekes itu juga merupakan balai pelatihan, maka kita tidak pakai terus menerus, sehingga untuk tenaga kesehatan diwajibkan langsung melakukan swab usia menangani pasien,” katanya.

Untuk diketahui, sesuai data monitor tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kota Kupang, saat ini terjadi 225 kasus positif Covid-19 di Kota Kupang hingga senin 9 November 2020. Dari jumlah tersebut telah dinyatakan sembuh 114 orang, dan tujuh orang meninggal. Sedangkan pasien positif yang sedang dalam perawatan medis dan karantina berjumlah 104 orang. (NTT-YM)