DPRD Belu Gelar Rapat Paripurna Penutupan Perubahan APBD 2020

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belu menggelar rapat paripurna penutupan sidang DPRD Belu tentang Perubahan APBD Tahun 2020.

Rapat paripurna DPRD Belu tahun 2020 berlangsung di ruang sidang utama DPRD Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Selasa (27/10/2020).

Sidang paripuran dipimpin langsung Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Junior didampingi Wakil Ketua I Jefri Nahak, Wakil Ketua II Cypri Temu. Turut Hadir Pjs. Bupati Belu Zakarias Moruk, Pj. Sekda Belu Frans Manafe, para Anggota DPRD serta Pimpinan OPD Belu.

Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Junior menyampaikan, dalam masa sidang kali ini Dewan bersama Pemerintah Daerah telah menyelesaikan rancangan peraturan daerah menjadi peraturan daerah Kabupaten Belu.

Pertama, peraturan daerah Kabupaten Belu tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Belu tahun anggaran 2020.

Kedua, peraturan daerah Kabupaten Belu tentang penyertaan modal daerah pada persero terbatas Bank Pembangunan Daerah NTT.

“Menjadi harapan kami, kiranya peraturan daerah yang telah ditetapkan dapat segera disosialisasikan kepada warga, dan segera dijalankan oleh semua pihak dengan penuh tanggungjawab,” pinta Junior.



Dewan juga mengingatkan kepada Pemerintah untuk memaksimalkan waktu yang ada dengan sesegera mungkin merealisasikan anggaran perubahan yang telah ditetapkan, mengingat waktu penggunaan anggaran semakin singkat,” ucap dia.

Lanjut Junior, Dewan memberikan perhatian penuh terhadap penyerapan anggaran hingga triwulan ketiga tahun ini. Diketahui bersama bahwa masa pandemi Covid-19 ini sangat besar terhadap pengelolaan keuangan daerah.

Dikatakan bahwa, anggaran yang digunakan untuk pengelolaan wabah Covid-19 sangat berpengaruh pada program dan jalannya kegiatan yang ada pada perangkat daerah.

“DPR akan terus melakukan evaluasi dan pengawasan atas pelaksanaan APBD tahun 2020 khususnya dalam penanganan Covid-19 dan dampaknya. Agar pemerintah dapat bertindak memenuhi harapan rakyat dalam menjalankan berbagai program perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi rakyat,” akhir Junior dalam sambutannya.

Disampaikan, atas nama Pimpinan DPRD Belu bersama segenap anggota Dewan Belu menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Belu. Senada ucapan disampaikan kepada Fraksi-Fraksi yang telah berikan dukungan selama ini berupa kritik kontruktif dan pengawasan ketat terhadap apa yg diharapkan dimasa akan datang.

“Kami juga sampaikan permohonan maaf kepada seluruh pihak apabila dalam masa persidangan ini terjadi sidang pendapat yang tajam yang menimbulkan polemik namun kota semua patut bersyukur bahwa dinamika itu tidak menggangu kemitraan antara dewan dan pemerintah. Kita beda perbedaan tapi semata-mata hanya untuk perjuangkan dan penuhi aspirasi rakyat,” kata Junior.

Diketahui, bersamaan dalam sidang agenda sebelumnya seluruh Fraksi DPRD Belu menyetujui penyertaan modal ke Bank Pembangunan Daerah NTT.