Motivasi Petani, Personel Satgas Yonif RK 744 Bantu Bajak Lahan Kebun

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Menyambut akan datangnya peralihan musim kemarau ke musim hujan, para petani di wilayah perbatasan mulai melaksanakan kegiatan pengolahan lahan yang akan dipersiapkan untuk sebagai lahan berkebun atau pertanian.

Dalam kegiatan pengolah lahan kebun tersebut, para petani mendapatkan support atau dukungan dari personel Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif RK 744/SYB Pos Dafala yang membantu warga mengolah lahan kebun.

Demikian Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/10/2020).

Dikatakan, dukungan dan motivasi dari personil satgas tidak hanya lewat kata-kata tetapi terjun langsung membantu petani dengan membajak lahan kebun. Seperti yang dilakukan personel Pos Dafala Satgas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

“Dengan seragam lengkap, beberapa personil Pos Dafala turun ke lahan kebun dan membajak lahan kebun petani menggunakan traktor milik para petani,” ujar dia.

Lanjut Alfat, kegiatan yang dilaksanakan personel Pos Dafala tersebut dipimpin langsung Dankipur 3 pos Koki Dafala Lettu (Inf) I Gusti Saputra S,H dengan melaksanakan kegiatan pengolahan lahan kebun milik Bona Fantura Moruk warga desa Dafala sekaligus keluarga asuh Pos Dafala yang berprofesi sebagai petani.



“Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mendukung dan memotivasi para petani serta agar pengolahan lahan bisa cepat selesai yang kemudian akan dilanjutkan dengan penanaman tomat,” jelas dia.

Dansatgas Alfat berharap, melalui kegiatan tersebut segala upaya TNI terjun membantu masyarakat termasuk mendukung program pembangunan pemerintah di sektor pertanian pangan di daerah perbatasan.

“Kepada personel satgas yang berada di pos-pos sepanjang garis perbatasan agar dapat memberikan manfaat kepada warga masyarakat di sekelilingnya sehingga dapat mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat yang kuat dan kokoh,” pinta dia.

Sementara itu, pemilik lahan kebun Bona Fantura Moruk mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh personel Pos Dafala Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih sekali kepada bapak TNI, yang telah membantu kami dalam pengolahan lahan, hal ini sungguh luar biasa,” ucap Moruk.