Dinyatakan Sembuh, Satu Pasien Covid – 19 asal TTU Dipulangkan ke Rumah

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Dinyatakan sembuh dari Covid – 19, Agustinus Meol, mantan Pejabat Pemkab Timor Tengah Utara diijinkan pulang ke rumah oleh pihak RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang.

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan hasil Pemeriksaan Laboratorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof Dr. WZ Johannes Kupang yang termuat dalam surat pemberitahuan kepada Kadinkes Kabupaten TTU, Nomor: Dinkes.Sekr.4120A/870/1X/2020 tanggal 5 September 2020 yang ditandatangan oleh Sekretaris Kantor Dinkes NTT, David A Mandala, S.Kep.Nes, M.Kes, Agustinus Meol dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19.

Namun setelah dirawat – diisolasi di RSUD Prof Dr. W.Z. Johannes Kupang, yang bersangkutan dinyatakan sembuh dan bebas dari virus corona.

“Hasil pemeriksaan Laboratorium terhadap spesimen yang diterima oleh Laboratorium Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof Dr. W. Z. Johannes Kupang, tertanggal 24 September 2020 Agustinus Meol dinyatakan sembuh dan bebas dari Virus Corona dan sudah diperbolehkan pulang. Namun yang bersangkutan tetap diminta untuk tetap menjalankan protokol kesehatan”, jelas Penanggung Jawab Umum Tim.Covid -19, RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, Dr. Stefanus D. Soka,Sp. B melalui surat yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, Instalasi Patologi Klinik, Laboratorium Biologi Molekuler kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Cq Direktur RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang.

Lanjutnya, “Hasil Pemeriksaan Laboratorium, Nomor : RSUD PK.C19, Interprestasi hasilnya, pasien Agustinus Meol (61), dengan ID Laboratorium 202009006372, Material Genetik SARS CoV – 2 Real Time PCR tidak ditemukan dalam specimen Negatif (Not Detected): CN (Cycle Number) RT CPR Abbot m 2000 > 31,5”.

Meskipun sudah dinyatakan sembuh, yang bersangkutan tetap dianjurkan untuk mematuhi protokol Covid.



“Meskipun sudah sembuh, bapak harus tetap memakai masker dan sesering mungkin mencuci tangan dengan menggunakan sabun, serta menghindari tempat – tempat ramai yang banyak dikerumuni orang”, pesan Stefanus Soka kepada keluarga pasien.

Mewakili keluarga, anak kandung pasien, Yosti Meol membenarkan kesembuhan ayahnya.

“Puji Tuhan, bapak keluar dari Rumah Sakit dengan dua kali hasil Swab Negatif. Sejak keluar dari Rumah Sakit di Kupang, bapak beristirahat di rumah Kupang saja. Dan baru akan kembali ke Kefamenanu dalam waktu dekat ini”, ungkap Yosti yang dihubungi NTTOnlinenow.com, Senin (26/10/2020) di Kefamenanu.

Ia juga menyampaikan ungkapan terimakasih kepada seluruh kerabat dan sahabat serta warga masyarakat kabupaten TTU yang selama ayahnya dirawat di RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang, mendapat dukungan Doa dan moril hingga sembuh.

“Terimakasih banyak kepada keluarga besar dan seluruh masyarakat TTU yang telah menguatkan kami melalui Doa dan dukungan moril sampai bapak mengalami kesembuhan. Tuhan memberkati semuanya”, kata Yosti menutup percakapan.

Kepulangan Agustinus Meol, di rumah Kupang disambut haru seluruh keluarga besar.

Keterangan Foto : Agustinus Meol bersama keluarga, setelah dipulangkan ke rumahnya di Kupang, NTT