Kepala Bapenda Kota Kupang Optimis Target Pendapatan Tercapai

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Relalisasi pendapatan daerah Kota Kupang, sudah mencapai 78 persen dari total terget yang ditetapkan. Pemerintah Kota Kupang melalui badan pendapatan daerah (Bapenda) optimis target pendapatan akan terpenuhi di sisa waktu dua bulan mendatang. Upaya-upaya percepatan tengah dilakukan.

Terget khusus pendapatan di Bapenda sebelum perubahan ditargetkan sebesar Rp.111 miliar, namun kemudian mengalami penurunan menjadi Rp.97 miliar dengan pertimbangan pandemi covid-19. Sementara target Pendapatan Asli Daerah, atau PAD Kota Kupang sebesar Rp.200 milar dan diturunkan sebesar 40 persen pada anggaran perubahan.

Kepala Bapenda Kota Kupang, Ari Wijana, mengatakan, target pendapatan mengalami penurunan di perubahan anggaran, karena pandemi covid-19 yang memukul semua sektor, termasuk perhotelan dan restaurant, yang selama ini memberikan kontribusi besar dalam pembentukan pendapatan asli daerah.



Ari mengaku optimis target pendapatan itu akan tercapai di tahun 2020. Per hari ini, target pendapatan yang telah direalisasikan pihaknya sebesar 78 persen. Ari optimis sisa pendapatan akan tercapai dalam kurang lebih dua bulan mendatang, sebelum tutup tahun.

Berbagai upaya tengah dilakukan pihaknya untuk menggenjot pendapatan di sisa waktu dua bulan ini, Kata Ari, antara lain memperpanjang amnesti pajak PBB, sementara di restorant dan hotel, telah dipasang mesin penghitung. Alat ini berfungsi mendeteksi atau meghitung kunjungan tamu perharinya.

Upaya lainnya juga, sebut Ari, adalah memperpanjang laporan pajak daerah, pajak hotel dan restaurant. Selama ini, laporan pajak tersebut harus dimasukan pada tanggal 10 setiap bulan, namun untuk menggenjot pendapatan, diperpanjang sampai akhir bulan. Hal ini dilakukan, agar hotel dan restorant bisa fokus dalam meningkatkan pendapatan mereka. (NTT-YM)