Program Kesehatan, Paket Sehati Optimalkan Pelayanan Gratis Cukup Gunakan KTP

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Paket Sehati (dr Agus Taolin dan Aloysius Hale Serens) berkomitmen menjamin kesehatan warga dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga Belu dengan hanya menggunakan KTP.

Jaminan kesejahteraan seluruh masyarakat menjadi poin penting salah satu program yang diprioritaskan paket Sehati jika dipercaya oleh rakyat untuk memimpin Kabupaten Belu kedepan.

Dalam bidang kesehatan kepemimpinan paket Sehati akan melaksanakan pembenahan dan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan.

Dua hal penting yang harus dilaksanakan yaitu bagaimana memberikan kemudahan bagi warga dalam mengakses setiap fasilitas kesehatan dan diikuti dengan kualitas pelayanan kesehatan yang baik.

“Poin pentingnya bahwa pemerintah harus bisa menjamin masyarakat. Salah satunya mendapat pelayanan kesehatan yang berkualitas yaitu akses masuk ke fasilitas kesehatan dan kualitas pelayanan kesehatan yang juga harus baik,” tegas Paslon Bupati Agus Taolin ketika dihubungi media, Kamis (9/10/2020).

Dijelaskan, sesuai data Pemerintah yang ada di kabupaten Belu menunjukkan bahwa masih ada sekitar 30 ribuan warga masyarakat tidak mampu di Belu yang belum memiliki jaminan kesehatan.

Angka ini lanjut Taolin, merupakan suatu angka yang sangat besar dimana dengan sosialisasi yang dilakukan paket Sehati setiap harinya mendapatkan begitu banyak warga yang tidak mampu dan tidak bisa dapat pelayanan kesehatan yang baik.

“Karena itu kami pun membaca undang-undang tentang pemerintahan, undang-undang tentang sistem jaminan kesehatan. Disana pemerintah harus hadir karena ini menyangkut nyawa manusia,” kata dia.

Dituturkan, dari regulasi yang ada serta berbagai hal yang dilihat selama ini khususnya di bidang kesehatan Paket Sehati komitmen program pelayanan kesehatan pada prioritas pertama dan menjamin kesehatan seluruh rakyat tanpa terkecuali.

“Dari sudut regulasi bisa dan dari sudut anggaran bisa. Saat terpilih jadi Bupati dan Wakil Bupati Belu kita bicarakan dengan DPRD,” ujar dia.

Tambah Taolin, kualitas pelayanan harus ditingkatkan dan fasilitas pelayanan juga harus ditingkatkan sehingga target jaminan pelayanan kesehatan kepada masyarakat berjalan secara optimal.

“Kalau dua hal ini, SDM-nya tidak ada kemudian sarana penunjang juga tidak ada dalam pelayanan kesehatan maka kita tidak mungkin omong kualitas pelayanan,” tandas dia.

Masih menurut Taolin, dirinya bersama paslon Wabup akan lakukan pembenahan dan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan. Sehingga saat memerlukan pelayanan kesehatan di setiap fasilitas kesehatan baik tingkat kabupaten maupun provinsi hanya dengan menunjukkan KTP warga sudah peroleh pelayanan kesehatan secara gratis.

“KTP hanya yang identitas orang Belu. Bagi seluruh warga saat memerlukan pelayanan kesehatan, bisa datang ke faskes pemerintah atau swasta baik di tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi yang bekerjasama dengan pemerintah,” tutup mantan Kepala RS Atambua itu.