KPU Belu Sampaikan Permohonan Maaf Terkait Kesalahan Nama di Penetapan Paslon

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu, Mikhael Nahak secara lembaga mengakui kesalahan pengetikan pengumuman tentang penetapan pasangan calon peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2020.

Dalam pengumuman nomor 223/PL.02.2Pu/5304/KPU-Kab/IX/2020 terdapat kesalahan penulisan nama calon wakil bupati Belu untuk Paket Sahabat. Dalam pengumuman tertulis calon Wakil Bupati Aloysius Hale Serens, seharusnya J.T Ose Luan.

Selaku Ketua atas nama lembaga, Nahak menyatakan menerima koreksi karena kami tidak teliti dalam melakukan penyuluhan terkait penetapan calon, dimana dalam penetapan calon ada dua paket yakni, Paket Sahabat dan Sehati.

“Ternyata dalam dokumen kami untuk kami tayangkan di website kami ada kekeliruan, ketidaktelitian kami yaitu paslon paket Sahabat Willybrodus Lay dan J. T Ose Luan namun kekeliruan kami nama wakil Bupati sesuai SK itu kita tulis Aloysius Hale Serens, harusnya nama itu di paslon Wabup paket Sehati,” terang Nahak dalam konferensi pers usai kegiatan penarikan nomor paslon di hotel Matahari, Kamis (24/9/2020).

Turut mendampingi Ketua KPU Mikhael Nahak dalam konferensi pers bersama awak media yakni, Komisioner Jacobus Nahak, Herlince Asa, Jhoni Neolaka, Yohanes Atapalla dan Sekretaris KPU Gaspar Ati.



Secara lembaga KPU mengakui kesalahan yang terjadi dalam isi pengumuman penetapan calon peserta Pilkada Belu yang telah dipublikasikan di Website KPU. Kesalahan yang terjadi hanya pada pengumuman sedangkan dalam Surat Keputusan dan berita acara penetapan calon sudah benar.

“Di SK dan berita acara benar. Yang salah hanya di pengumuman nama paslon wakil di website KPU. Jadi kami sampaikan permohonan maaf ke paslon,” kata dia.

Nahak tambahkan, KPU juga mengklarifikasi terkait pemberitaan media tentang dibatasinya media melakukan liputan kegiatan penarikan undian nomor paslon paket Sahabat dan Sehati.

“Kami minta maaf apabila insan pers atau media yang tadi meliput tidak semuanya, hanya beberapa perwakilan. Hal ini sesuai dengan regulasi PKPU nomor 13 tahun 2020. Sekali lagi kami mohon maaf,” ucap Nahak.

Lanjut Nahak, hasil penarikan nomor undian paslon Bupati dan Wakil Bupati Belu yakni, paket Sahabat nomor 1 sedangkan paket Sehati nomor 2.

Kegiatan dihadiri dua Paslon serta tim kampanye dan Pimpinan Parpol kurang lebih dua puluh orang menerapkan protokol kesehatan Covid-19.