Giat Perdana Ormas BETA TIMOR NTT, Pendistribusian Air Bersih Ke Wilayah Kekeringan

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Organisasi Bela Tanah Timor (BETA TIMOR) Nusa Tenggara Timur yang berpusat di Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara, memulai kegiatan perdana dengan membantu warga dua RT di desa Oenenu Induk kecamatan Bikomi Tengah yang mengalami kekeringan dan krisis air bersih.

Ketua RT 05 dan 06 desa Oenenu Induk, Yoseph Taus dan Lukas Abis, mengaku warganya sudah mengalami krisis air bersih sejak April lalu.

“Kami di sini sudah mengalami kekeringan dan krisis air bersih sejak April” kata Ketua RT 06 Lukas Abi, Selasa (22/09/2020) di Oenenu.

Lukas mengaku, warga sudah berharap bantuan dari berbagai pihak selama ini.

“Kami warga desa Oenenu memang berharap masyarakat maupun perusahaan yang memiliki kelebihan dana untuk disisihkan guna membantu warga yang masih kekurangan air. Baik itu bantuan air bersih dari pihak swasta, secara perorangan maupun organisasi, sangat kami butuhkan”, kata Lukas.

Selain berharap bantuan air bersih, warga desa Oenenu induk khususnya RT 05 dan 06 masih mengalami kekurangan wadah untuk menampung air.

“Kami juga berharap bantuan berupa bak penampung atau fiber air minimal per RT karena kebiasaan tanki air yang dipesan menolak melayani pengisian air di wadah seperti ember, jerigen”, pinta Lukas dan Yoseph.

Meski masih banyak mengalami kekurangan, mewakili masyarakatnya, Ketua RT 5 dan 6 mengucapkan terimakasih kepada Organisasi BETA TIMOR yang telah menunjukkan kepeduliannya kepada warga desa setempat.

“Terimakasih kepada Organisasi BETA TIMOR yang telah menunjukkan kepeduliannya kepada warga desa maupun desa yang terdampak kekeringan dan kesulitan air bersih saat ini,” ujar ketua RT 6, Lukas Abi yang didampingi ketua RT 5, Yoseph Taus.



Ketua Ormas BETA TIMOR, Viktor Kapitan Sakera mengatakan kegiatan pendistribusian air itu merupakan kegiatan yang lahir dari ide – ide anggota Ormas BETA TIMOR, kaitan dengan temuan masalah yang dihadapai masyarakat di tingkat desa.

“Kegiatan hari ini, merupakan bentuk kepedulian Ormas BETA TIMOR terhadap masyarakat. Kami berharap ide – ide yang datang dari anggota ormas ini bisa membantu menjawab kebutuhan masyarakat dua RT di Oenenu “, kata Viktor Sakera.

Kegiatan penyaluran air bersih ini akan terus berjalan dan sementara masih difokuskan ke desa – desa terdekat dalam kota.

“Secara bertahap kita akan melayani masyarakat di desa – desa yang mengalami krisis air bersih. Dan sementara, kita masih fokuskan ke desa – desa terdekat dalam kota”,lanjut Viktor Sakera.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten TTU, ada sebanyak 140 desa dan kelurahan mengalami kekeringan. Diantaranya terdapat 40 desa dan kelurahan yang mengalami kekeringan terparah.

Foto penyaluran air bersih di desa Oenenu Induk