43 Anggota Kodim 1605/Belu Jalani Tes Swab Covid-19

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 43 warga baru Kodim 1605/Belu Prabinsa Abit Secaba PK tahun 2020 dan Prabinsa Abit Secata PK tahun 2020 menjalani Tes Swab di RSUD Mgr Gabriel Manek, Svd, Atambua, Sabtu (19/9/2020).

Tes Swab terhadap 43 Anggota Kodim 1605/Belu dipimpin langsung dr. Helena bersama tim medis RSUD Mgr. Gabriel Manek, Svd Atambua, Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Selain itu hadir Tim medis RST, Sertu I Wayan Sudiarta, Sertu Vincen serta Pasi Intel dan Pasi Ops Kodim 1605/Belu serta para pelatih atau pembina, Sertu Matheopilus Tehe dan Serda Slamet Jatmiko.

Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan Tes Swab para Prabinsa Abit Secaba PK tahun 2020 dan Prabinsa Abit Secata PK tahun 2020 untuk mengetahui apakah seseorang pernah atau sedang terinfeksi virus Corona.

Menurut Dandim 1605/Belu, Letkol Inf. Wiji Untoro, kegiatan Tes Swab dilakukan dengan mengambil sampel darah dari ujung jari setiap 43 personel TNI Prabinsa Abit Secaba PK tahun 2020 dan Prabinsa Abit Secata PK tahun 2020 yang bertugas di Kodim Belu.

Selanjutnya, sampel darah akan diteteskan ke alat yang disiapkan medis untuk mengetahui apakah darah mengandung antibodi yang menandakan orang tersebut sedang atau pernah mengalami infeksi suatu virus atau tidak.

Tes Swab yang dilakukan untuk mendeteksi apakah di dalam darah terdapat antibodi yang bertugas melawan virus Corona atau tidak antibodi itu diproduksi secara alami oleh tubuh ketika seseorang telah terpapar virus Corona.



Selanjutnya, melalui pemeriksaan tersebut akan terdapat dua kemungkinan hasilnya yakni positif dan negatif.

Kegiatan Tes Swab kepada Anggota Baru Kodim 1605/Belu dalam rangka upaya mencegah penyebaran virus Corona di wilayah Kabupaten Belu, yang mana kegiatan pemeriksaan yang dilakukan ini sangat baik sebab dengan begitu dapat mengetahui lebih awal kondisi Anggota TNI Apakah terpapar virus Corona atau tidak.

Walaupun jika reaktif positif masih akan dilaksanakan tes Swab untuk memastikan apakah memang yang bersangkutan sudah positif terjangkit virus Corona, kemudian jika ada Anggota yang terpapar virus Corona maka dapat dilakukan tindakan penanganan sedini mungkin untuk menyelamatkannya dari virus ini.

Kegiatan Tes Swab yang dilakukan pada anggota TNI yang mana sebab rutinitas anggota TNI dalam rangka tugas cukup tinggi.

“Kegiatan ini juga mendukung kebijakan yang diambil pemerintah Kabupaten Belu dalam melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus Corona melalui satuan tugas tim gugus tugas percepatan penanganan covid 19 di wilayah Kabupaten Belu,” ujar Wiji.

Untuk diketahui bahwa, hingga berita ini diturunkan, hasil Tes Swab masih menunggu hasilnya dari LAB RSUD Atambua.