Peduli Kesehatan Balita, Pratu Ketut Satgas Yonif RK 744 Bantu Giat Posyandu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pratu Ketut Sudarma prajurit pos Kewar Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif RK 744/SYB ikut membantu petugas kesehatan dalam kegiatan posyandu yang dilaksanakan Puskesmas Weluli.

Kegiatan peduli kesehatan balita oleh prajurit Ketut berlangsung di Dusun Silala, Desa Kewar, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Demikian Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian, dalam keterangan tertulisnya yang diterima media, Jumat (18/9/2020).

Menurut dia, kegiatan yang dilakukan Pratu Ketut merupakan wujud kepedulian TNI kepada masyarakat di perbatasan, khususnya Posyandu yang tentunya adalah perhatian kita kepada bayi, balita dan ibu hamil.

Dikatakan, Satgas berperan penting atas kegiatan tersebut dilihat dari sudah terencananya setiap bulannya yang bekerja sama dengan Puskesmas dan ibu-ibu Kader Posyandu.

Dimana lanjut Alfat, kegiatan tersebut meliputi penimbangan bayi/balita dan pemeriksaan ibu hamil serta pemberian makanan tambahan.



“Kegiatan ini penting dilakukan bagi ibu anak-anak bayi/balita dan hamil agar asupan gizi dan nutrisinya terjamin, serta untuk memperkuat daya tahan tubuh bagi bayi/balita dari serangan virus maupan bakteri, agar bayi/balita tetap sehat dan selalu ceria, sementara bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan dan kesehatan fisik maupun psikologis,” tutur dia.

Terpisah Danpos Kewar Letda Inf Obed Nego Talle mengatakan, TNI hadir ditengah masyarakat selain menjalankan tugas pokok menjaga keutuhan wilayah NKRI.

“Juga memiliki tanggung jawab moral menjaga generasi penerus bangsa agar tumbuh berkembang secara sehat,” sebut dia.

Kegiatan Posyandu tersebut dihadiri oleh 30 orang yanh terdiri dari 25 bayi/balita dan 5 orang ibu hamil. Masyarakat Dusun Silala Desa Kewar menyambut baik dan sangat antusias dengan kegiatan Posyandu bulanan ini.

Ketua Posyandu, Rosalina selaku petugas kesehatan (bidan) di Desa Kewar menyampaikan terimakasih kepada personel Satgas atas dukungan pada pelaksanaan kegiatan Posyandu bulanan di Dusun Silala Desa Kewar.

“Dengan kehadiran tim kesehatan dari personel Satgas, besar harapan kami dapat menjadikan masyarakat sadar akan hidup sehat dan peduli terhadap kesehatan diri maupun keluarga,” ungkap Rosa.