Sepakat Bersama DPRD Belu, Bupati Lay Siap Klarifikasi Kasus Excavator Pekan Depan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com-Bupati Belu Willybrodus Lay siap menghadiri klarifikasi kasus bantuan excavator bersama DPRD Belu dan warga nelayan (umat) serta pengurus dan paroki Stella Maris Atapupu pada Senin pekan depan mendatang (21/9/2020).

Klarifikasi untuk merespon pengaduan Kelompok Tani Nelayan Paroki Stella Maris Atapupu melalui terkait pemanfaatan excavator bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang menjadi polemik belakangan.

Kesiapan Bupati Belu hadir dalam klarifikasi bersama DPRD Belu serta umat Paroki Atapupu disepakati usai sidang paripurna III DPRD Belu dengan agenda penandatanganan berita acara persetujuan bersama Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2021 di ruang sidang utama DPRD Belu, Selasa (15/09/2020) malam.

Bupati Lay mengatakan, dirinya siap menghadiri sekaligus memberikan klarifikasi langsung kepada Kelompok Tani Nelayan terkait polemik bantuan excavator yang dijadwalkan Senin pekan depan.

“Saya bisa memberikan klarifikasi hari ini. Tapi supaya menjadi lengkap, kita hadirkan juga kelompok penerima manfaat sehingga saya tidak memberikan klarifikasi sepihak,” ujar dia.

Lanjut Lay, akan menghadirkan Dinas Teknis yakni Dinas Perikanan dan kelompok penerima manfaat sehingga klarifikasi yang saya sampaikan itu apabila saya menyampaikan tidak benar, kelompok penerima manfaat bisa langsung mengcounter.



“Tetapi saat ini saya memberikan klarifikasi tanpa kelompok penerima manfaat, kapan ketemunya,” kata dia.

Sejumlah Anggota DPRD Belu lainnya menghendaki agar klarifikasi dapat dilakukan Bupati Belu dengan dihadirkan kelompok penerima manfaat sehingga menjadi terang benderang dan polemik excavator terkait pemanfaatannya dapat berakhir.

Sementara itu, Ketua DPRD Belu Jeremias Manek menyepakati dan memutuskan klarifikasi dihadiri Bupati dengan Kelompok Tani Nelayan Paroki Stella Maris Atapupu pada Senin pekan depan.

Dalam sidang itu juga, DPRD Belu bersama Pemerintah Daerah Belu menandatangani (teken) Nota Kesepakatan bersama Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2021 dan KUA-PPAS Perubahan tahun 2020.

Nota Kesepakatan KUA-PPAS tahun 2021 dan KUA-PPAS Perubahan tahun 2020 itu ditandatangani Bupati Belu, Willybrodus Lay dan Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran Jr, Wakil Ketua I DPRD Belu, Yohanes Jefry Nahak, Wakil Ketua II DPRD Belu, Cyprianus Temu dalam Sidang Paripurna III.